Penerapan Hukum Newton dalam Kehidupan Sehari-hari

Penerapan Hukum Newton dalam Kehidupan Sehari-hari

pernahkah anda mendengar nama Newton? Pasti dulu dong, entah itu di buku pelajaran anda atau dulu dibahas di kelas.

Newton atau yang terlahir dengan nama panjang Isaac Newton adalah seorang filsuf matematika dan fisika. Bapak Newton ini sudah menemukan lebih dari satu hukum perihal gerak benda, yang dinamakan ‘hukum newton”.

Nah, pada artikel kali ini, kita dapat membahas perihal 3 hukum newton dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Hukum Newton I

Maksud dari Hukum Newton I ini tentang dengan sifat kelembaman benda. Hah? Maksudnya apaan tuh? Gini Squad, sifat kelembaman benda atau yang biasa disebut inersia maksudnya adalah setiap benda dapat condong mempertahankan kedudukannya. Jadi, kunci dari hukum newton I ini adalah setiap benda dapat diam jika tidak diberikan gaya, dan setiap benda dapat condong lurus beraturan jika diberikan gaya.

Contohnya, pada selagi kita tengah naik bus, tubuh kita ada pada posisi duduk nyaman. Namun, tiba-tiba sebab ada kucing menyeberang sembarangan, supir bus segera mengerem mendadak. Maka otomatis tubuh kita pada selagi itu dapat terdorong ke depan dan mengupayakan lagi ke posisi semula.

Pada misal ini, tubuh kita mendapatkan type dari bus yang melaju. Tubuh kita ketika dalam posisi duduk nyaman di dalam bus berada pada bunyi “Setiap benda dapat condong lurus beraturan jika diberikan gaya”. Nah ketika bus mengerem mendadak, tubuh kita mengupayakan lagi ke posisi mula-mula berada pada bunyi “Setiap benda dapat diam jika tidak diberikan gaya”.

Hukum Newton II

Penerapan hukum newton dalam kehidupan sehari-hari yang ke dua tentang dengan benda dalam suasana bergerak. Di mana massa benda dan type yang diberikan pada benda dapat diperhitungkan.

Contoh dari hukum newton II adalah misalnya anda memiliki sebuah mobil mainan, lantas anda menarik mobil mainanmu maka mobil tersebut dapat merasa bergerak. Semakin kuat anda menariknya, dapat semakin cepat mobil itu bergerak. Hal ini sesuai dengan bunyi “Semakin besar type yang dikerahkan, maka semakin besar pula percepatannya”.

Lalu, cobalah deh di atas mobil mainan itu anda kasih beban. Kamu taruh batu besar di atasnya. Kira-kira apa yang terjadi? Pasti lebih berat kan anda nariknya? Nah, dari hal ini sesuai dengan bunyi “Semakin besar beban ditambahkan, maka semakin kecil percepatannya”.

Hukum Newton III

Hukum newton III ini tentang dengan type aksi dan reaksi. Maksudnya adalah benda yang kita berikan type dapat menimbulkan reaksi pada kita lho.

Contoh dari hukum ketiga newton ini adalah pada selagi anda mendayung perahu. Coba menyimak deh. Sewaktu anda mobilisasi dayung ke arah belakang, perahu yang anda kendarai dapat bergerak ke depan. Hal ini berjalan sebab ada type aksi yang kita berikan melalui dayung (kita mendayung adalah type aksi), maka perahu tersebut dapat bergerak ke depan (pergerakan perahu adalah type reaksi).

Wah, ternyata hukum newton itu sering berlaku ya dalam aktivitas kita sehari-hari.

Selengkapnya : https://www.biologi.co.id/