10 Langkah Revitalisasi SMK

10 Langkah Revitalisasi SMK Yang Sangat Penting Dalam Beberapa Aspek

10 Langkah Revitalisasi SMK Yang Sangat Penting Dalam Beberapa Aspek

 

10 Langkah Revitalisasi SMK

Revitalisasi SMK sangatlah penting dalam beberapa aspek

Tujuan revitalisasi ini adalahagar SMK dapat meluluskan tenaga kerja terampil yang siap kerja di berbagai sektor ekonomi seperti pertanian, industri, pariwisata, bahkan ekonomi kreatif. Maka Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus menggencarkan revitalisasi SMK.

Sesuai dengan intruksi Presiden No. 9 Tahun 2016

ada empat poin yang menjadi fokus revitalisasi SMK, keempat poin tersebut melingkupi revitalisasi kurikulum, pendidik & tenaga kependidikan, kerja sama, dan lulusan. Kepala Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan (PMK) Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dodin Rusmin Nuryadin mengatakan, seluruh SMK melakukan revitalisasi agar lebih berkembang. Ada pula beberapa SMK di Jawa Barat yang dijadikan Pilot Project revitalisasi SMK oleh pusat.

“Revitalisasi ini tidak hanya kompetensi jurusan, ada juga sarana prasarana, lulusannya, proses pembelajarannya dan lainnya,” ujar Dodin pada Rabu, 17 Oktober 2018.

Menurut buku Strategi Implementasi Revitalisasi SMK

10 Langkah Revitalisasi SMK, oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) terdapat sepuluh langkah revitalisasi.

Sepuluh langkah revitalisasi tersebut

yaitu revitalisasi sumber daya manusia,  membangun Sistem Administrasi Sekolah (SAS) berbasisSistem Informasi Managemen (SIM),link and match dengan industry, kurikulum berbasis industry, teaching factory, penggunaan Media Video Tutorial dan Portofolio Berbasis Video e-Report Skill, Uji Sertifikasi Profesi, pemenuhan sarana dan prasarana, mengembangkan Kearifan Lokal dan peran SMK Sebagai Penggerak Ekonomi Lokal.

Artikel Terkait: