LKS 2018, Siswa SMK Unjuk Kemampuan Pengelasan

LKS 2018, Siswa SMK Unjuk Kemampuan Pengelasan

LKS 2018, Siswa SMK Unjuk Kemampuan Pengelasan

 

LKS 2018, Siswa SMK Unjuk Kemampuan Pengelasan

Dalam lanjutan Lomba Kompetensi Siswa(LKS)

Tingkat Provinsi Jawa Barat 2018, peserta bidang lomba Welding atau pengelasan mulai bertanding, di PT United Tractors Pandu Engeneering, Kawasan Industri Jababeka, Cikarang Baru, Kabupaten Bekasi, Rabu, 17 Oktober 2018. Sebanyak 18 peserta saling unjuk kemampuan dalam bidang tersebut.

Salah satu dewan juri,Sunarko menjelaskan

ada  tiga teknik yang menjadi penilaian dalam bidang tersebut, yakni teknik Shield Metal Arc Welding (SMAW), Gas Metal Arc Welding (GMAW) dan teknik Gas Tungsten Arc Welding (GTAW).

Dia pun menuturkan

menjadi penting kegiatan perlombaan ini karena ini mampu meningkatkan kompetensi siswa tersebut khususnya dalam bidang yang iyah tekuni. “ini menjadi penting untuk anak-anak untuk meningkatkan kompetensinya. Terlebih, lulusan teknik pengelasan itu enggak akan ada yang menganggur jika memiliki kompetensi dan standar yang tinggi,” ungkap Sunarko.

Alumni Institut Tekknologi Bandung tersebut menilai

Belum menunjangnya sarana dan prasarana  yang ada di sekolah bagi jurusan teknik pengelasan di SMK yang ada di Jawa Barat menjadi Pekerjaan rumah sendiri dalam proses peningkatan kompetensi siswa. “Jadi ini sebagai masukan untuk coba meningkatkan sarana dan prasarana di bidang tersebut. Kalau melihat potensi siswa, jika ditunjang oleh sarana dan sumber daya guru yang mumpuni, anak pasti akan jadi unggul,” ungkapnya.

Salah satu peserta

Riad Caewasaru mengaku mendapat pengalaman berharga karena menjadi bagian dari LKS 2018. “Ini lomba pertama dan saya dapat banyak pengalaman dari kegiatan ini. Ada beberapa teknik yang enggak pernah diajarin di sekolah, jadi ini nambah pengetahuan banget,” ungkap siswa SMKN 1 Sumedang tersebut.

Riad menceritakan

awal mulanya memilih jurusan teknik pengelasan karena merasa jurusan itu banyak dibutuhkan oleh industri. “Saat itu saya langsung mencari informasi mengenai kebutuhan industri terhadap bidang tersebut. Dan ternyata ada Peluangnya besar sekali,” ungkap Riad.

Setali tiga uang, SMKN 1 Sumedang baru membuka jurusan teknik pengelasan setelah melalui proses seleksi pria gun masuk sebagai siswa angkatan kedua di jurusan tersebut.

 

Sumber : https://pengajar.co.id/