Perbedaan LED Dengan LCD

Perbedaan LED Dengan LCD

Perbedaan LED Dengan LCD

Perbedaan LED Dengan LCD
Perbedaan LED Dengan LCD

Biasanya orang lebih kenal type display LCD dari sebuah monitor atau televisi. Hal itu dikarenakan type layar LCD lebih dahulu diperkenalkan hingga persepsi masyarakat tentang semua televisi atau monitor layar datar itu adalah LCD.
Walaupun type layar datar antara LED dengan LCD terpaut cukup jauh terlihat dari kinerja maupun tampilan yang dihasilkan, tapi masyarakat tetap saja menyebutnya monitor layar datar itu adalah LCD.

Oke, kita akan bahas beberapa perbedaan antara layar LED dan LCD, walaupun sebenarnya yang termasuk kedalam tipe layar datar itu bukan cuma LED dan LCD saja, tetapi karena kedua dari type layar datar ini memang paling banyak digunakan, maka yang akan dibahas kedua type itu saja.

Dilihat Dari Angel View

Layar dari tipe LED mempunyai angle view yang lebih luas dibandingkan LCD hal ini karena struktur type LED lebih tipis, itu dikarenakan layar type LED ini memunculkan cahayanya sendiri tanpa dibantu oleh backlight, cahaya dari layar type LED yang dihasilkan umumnya lebih mulus namun terlihat sedikit menyilaukan. Namun di generasi LED terbaru, cahaya yang dikeluarkan diperkecil lagi hingga dengan begitu jadinya listrik yang dibutuhkan lebih kecil walau cahayanya diperkecil seperti itu hal tersebut tidak mengurangi kualitas dari tampilan layar.

Untuk layar tipe LCD mempunyai sudut pandang atau angel view yang ukurannya lebih sempit, hal ini karena ukuran dari panel itu sendiri ada beberapa lapisan jadinya struktur terlihat lebih tebal. Tapi di generasi yang baru yaitu In Plane Switching LCD (IPS LCD), sudut pandang hampir menyerupai tipe dari layar LED. Hal ini semua karena proses dari osilasi warna yang terjadi secara langsung dari dalam pabel itu tersendiri, jadinya cahaya backlight yang dikeluarkan membuat sudut pandang jadi lebih lebar hingga layar menjadi terlihat sangat jelas dari beberapa sudut pandang. Dan juga listrik yang dibutuhkan lebih sedikit.

Dilihat Dari Material Fisik Yang Disusun

Layar dari type LCD singkatan dari Liquid Crystal Display adalah type layar yang tersusun atas matrik-matrik kristal cair yang dimana menghasilkan tiga warna dasar yaitu Red, Green dan Blue singkatannya RGB. Matrik-matrik tersebut akan menghasilkan warna yang diproses melalui osilasi switching, osilasi switching ini akan merubah dasar dari ketiga warna tersebut menjadi satu warna yang akan bisa dilihat oleh mata pengguna. Warna-warna tersebut bisa terlihat karena cahaya backlight / yang berwarna putih, hingga nantinya LCD terlihat seperti panel menggasilkan warna.

Light Emitting Diode (LED) adalah layar datar yang disusun oleh matrik-matrik LED. Menghasilkan tiga warna dasar seperti LCD yaitu Red, Green, dan Blue (RGB). LED menghasilkan warna yang kasat mata. Layar type LED ini tidak membutuhkan backligh karena layar LED ini di setiap matriknya sudah menghasilkan cahayanya sendiri. Inilah bagian utama yang membedakan antara LED dan LCD.

Dilihat Dari Harganya

Monitor yang memakai teknologi LCD kalau dijual lagi harganya lebih rendah untuk tipe perangkat yang sama. Tapi untuk yang type IPS LCD memiliki harga lebih tinggi daripad tipe LCD yang biasa dan harganya nyaris sama dengan harga layar tipe LED.
Harga perangkat monitor layar LED lebih sedikit mahal jika dibandingkan dengan LCD hal ini karena biaya pembuatan layar tipe LED ini lebih tinggi jika dibandingkan LCD untuk perangkat dan ukuran yang sama.

Dilihat Dari Ketajaman Warnanya

Layar LED mempunyai ketajaman lebih tinggi jika dibandingkan dengan layar tipe LCD.
Layar LED mempunyai ketajaman yang dihasilkan lebih tinggi dan kontrasnya lebih bagus. Bisa dilihat kalau kedua dari tipe layar tersebut dibandingkan dengan cara berdampingan. Maka kontras warna utamanya antara penampilan warna putih dan hitamnya akan bisa terlihat jelas mana yang lebih enak dipandang.

Sekian artikel tentang perbedaan antara layar tipe LED dan layar tipe LCD. Semoga artikel ini bermanfaat serta menambah pengetahuan.

Sumber: https://www.ram.co.id/