Prosesor 7nm Bikin Untung TSMC

Prosesor 7nm Bikin Untung TSMC

Prosesor 7nm Bikin Untung TSMC

 

Prosesor 7nm Bikin Untung TSMC

TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing), salah satu manufaktur semikonduktor seperti prosesor, dikabarkan memperoleh pendapatan yang besar berkat kepopuleran fabrikasi 7nm.

Di industri prosesor PC, AMD berhasil menyalip Intel dengan memproduksi prosesor fabrikasi 7nm pertama di dunia dengan menggandeng TSM sebagai manufakturnya. AMD juga berhasil menciptakan GPU 7nm, mengalahkan NVIDIA.

Sementara di industri prosesor mobile, TSMC juga menjadi perusahaan kepercayaan beberapa vendor smartphone. Keberhasilan prosesor fabrikasi 7nm kini menjadi penyumbang terbesar dari total pendapatan TSMC, seperti yang dikutip dari AnandTech.

Tabel pembagian sumber pendapatan TSMC.

Dari informasi yang dikumpulkan AnandTech dari pengamat industri WikiChip, David Schor, pendapatan TSMC dari fabrikasi 7nm berkontribusi hingga 23 persen pada Q4 2018. Saat awal kemunculannya pada Q3 2018, kontibusi terhadap pendapatan perusahaan hanya 11 persen.

Namun, berdasarkan pernyataan TSMC

kontribusi pendapatan dari fabrikasi 7nm sepanjang 2018 hanya mencapai 10 persen saja. Tidak aneh, mengingat fabrikasi ini baru muncul di Q3 2018. TSMC menyatakan, mereka menargetkan kontribusi pendapatan dari fabrikasi 7nm akan mencapai lebih dari 20 persen pada pertengahan awal 2019.

Meskipun begitu

fabrikasi di bawah 7nm yakni 10nm justru tidak memiliki kontribusi yang cukup besar. Kontribusi terbesar dari fabrikasi 10nm adalah sebesar 25 persen pada Q4 2017 sebelum akhirnya pendapatan TSMC didominasi oleh fabrikasi 16/20mm hingga Q3 2018.

Kemungkinan besar

hal ini disebabkan periode peluncuran komponen fabrikasi 10nm yang cukup singkat. Selain itu, AMD dikabarkan akan segera merilis fabriksi 7nm beberapa waktu lalu sehingga industri mulai berusaha untuk membuat komponen fabrikasi 7nm.

Dari data riset pasar Trendforc

diketahui bahwa TSMC masih mendominasi bisnis produksi semikonduktor dengan pangsa pasar sebesar 56,1 persen. Mereka mengalahkan para pesaingnya, seperti GlobalFoundries, UMC, Samsung, dan SMIC.

 

Sumber : http://situsiphone.com/