Macam-Macam Vitamin dan Fungsinya

Macam-Macam Vitamin dan Fungsinya

Macam-Macam Vitamin dan Fungsinya

Macam-Macam Vitamin dan Fungsinya
Macam-Macam Vitamin dan Fungsinya

1. Vitamin A (Retinol)

– Fungsi vitamin A : untuk kesehatan kulit, kesehatan indera penglihatan, sebagai antioksidan, untuk pendukung perkembangan janin di dalam kandungan, dan untuk sistem imunitas.
– Sumber vitamin A : susu, ikan, sayuran berwarna hijau dan kuning, hati, buah-buahan warna merah dan kuning (cabe merah, wortel, pisang, pepaya, dll)
– Penyakit yang ditimbulkan akhir kekurangan vitamin A : rabun senja, katarak, bisul terusan pernapasan, menurunnya daya tahan tubuh, kulit yang tidak sehat, dan lain-lain. 

2. Vitamin B1 (Thiamine)

– Fungsi vitamin B1 : untuk kesehatan jantung dan fungsi syaraf, serta mencegah penyakit beri-beri
– sumber yang mengandung vitamin B1 : gandum, daging, susu, kacang hijau, ragi, beras, telur
– Penyakit yang ditimbulkan akhir kekurangan vitamin B1 : kulit kering/kusik/busik, kulit bersisik, daya tahan badan berkurang. 

3. Vitamin B2 (Riboflavin)

– Fungsi vitamin B2 : ialah untuk kesehatan kulit dan perkembangan system tubuh.
– sumber yang mengandung vitamin B2 : sayur-sayuran segar, kacang kedelai, kuning telur, susu, dan banyak lagi lainnya.
– Penyakit yang ditimbulkan akhir kekurangan vitamin B2 =
turunnya daya tahan tubuh, kilit kering bersisik, lisan kering, bibir pecah-pecah, sariawan, dan sebagainya.

4. Vitamin B3 (Niacinamide)

– Fungsi vitamin B3 : untuk mengubah kalori menjadi energy, meningkatkan system syaraf dan meningkatkan nafsu makan
– sumber yang mengandung vitamin B3 :buah-buahan, gandum, ragi, hati, ikan, ginjal, kentang manis, daging unggas dan sebagainya
– Penyakit yang ditimbulkan akhir kekurangan vitamin B3 : terganggunya sistem pencernaan, otot simpel keram dan kejang, insomnia, bedan lemas, simpel muntah dan mual-mual, dan lain-lain 

5. Vitamin B5 (Pantothenic Acid)

– Fungsi vitamin B5 : untuk kesehatan syaraf dan otak, penghasil senyawa asam dan hormon
– sumber yang mengandung vitamin B5 : daging, susu, sayur mayur hijau, ginjal, hati, kacang ijo, dan banyak lagi yang lain.
– Penyakit yang ditimbulkan akhir kekurangan vitamin B5 : otot simpel menjadi kram, sulit tidur, kulit pecah-pecah dan bersisik, dan lain-lain 

6. Vitamin B6 (pridoksin)

– Fungsi vitamin B6 : untuk kesehatan gigi, pembentukan sel darah merah, untuk kesehatan system syaraf dan pembentuk antibody.
– sumber yang mengandung vitamin B6 : kacang-kacangan, jagung, beras, hati, ikan, beras tumbuk, ragi, daging, dan lain-lain.
– Penyakit yang ditimbulkan akhir kekurangan vitamin B6 : pelagra alias kulit pecah-pecah, keram pada otot, insomnia atau sulit tidur, dan banyak lagi lainnya.

7. Vitamin B7 (Biotin)

– Fungsi vitamin B7 ialah untuk reaksi kimia dalam tubuh.
– Sumber Vitamin B7 : kuning telur, ragi, daging tanpa lemak dan gandum.
– Kekurangan vitamin B7 mengakibatkan duduk kasus kulit, kekurangan darah, susah tidur dan rambut rontok.

8. Vitamin B9 (asam folat)

– Manfaat vitamin B9 ialah untuk penurun resiko jantung, pembentuk sel-sel darah merah dan pencegah keanehan otak janin.
– Kekurangan vitamin B3 mengakibatkan janin cacat dalam kandungan dan kurang darah atau anemia.
– Sumber Vitamin B9 : kacang-kacangan, bayam, buah jeruk, tomat dan hati.

9. Vitamin B12 (Methylcobalamin)

– Fungsi vitamin B12 ialah untuk pertumbuhan, kesehatan system syaraf dan pencegah anemia.
– sumber yang mengandung vitamin B12 : telur, hati, daging, dan lainnya
– Penyakit yang ditimbulkan akhir kekurangan vitamin B12 :  kurang darah atau anemia, simpel capek/lelah/lesu/lemes/lemas, penyakit pada kulit, dan sebagainya 

10. Vitamin C (Asam askorbat)

– Kegunaan vitamin C ialah untuk meningkatkan system imun tubuh, pembentuk sel-sel darah merah, untuk antioksidan, untuk kesehatan gigi dan gusi.
– sumber yang mengandung vitamin C : jambu klutuk atau jambu batu, jeruk, tomat, nanas, sayur segar
 – Penyakit yang ditimbulkan akhir kekurangan vitamin C : simpel bisul pada luka, gusi berdarah, rasa nyeri pada persendian

11. Vitamin D (Kalsiferol)

– Fungsi vitamin D ialah pembentuk tulang dan gigi. Kekurangan vitamin D mengakibatkan diabetes dan osteoporosis. (http://bkpsdm.pringsewukab.go.id/blog/lembaga-agama/)
– sumber yang mengandung vitamin D : minyak ikan, susu, telur, keju
– Penyakit yang ditimbulkan akhir kekurangan vitamin D : gigi akan lebih simpel rusak, otok sanggup mengalami kejang-kejang, pertumbuhan tulang tidak normal yang biasanya betis kaki akan membentuk abjad O atau X. 

12. Vitamin E (Tocopherols)

– Kegunaan vitamin E ialah pengontrol asam lemak berlebih dan kesehatan kulit.
– sumber yang mengandung vitamin E : ikan, ayam, kuning telur, kecambah, ragi, minyak tumbuh-tumbuhan, havermut, dsb

– Penyakit yang ditimbulkan akhir kekurangan vitamin E : sanggup mandul baik laki-laki maupun wanita, gangguan syaraf dan otot, dll

 

13. Vitamin K (Menaquinones)

– Kegunaan vitamin K ialah untuk pencegah diabetes, dan pencegah osteoporosis.
– sumber yang mengandung vitamin K : susu, kuning telur, sayuran segar.
– Penyakit yang ditimbulkan akhir kekurangan vitamin K :darah sulit membeku kalau terluka/berdarah/luka/pendarahan, pendarahan di dalam tubuh.