Cara Merakit Komputer

Cara Merakit Komputer

Cara Merakit Komputer

Cara Merakit Komputer
Cara Merakit Komputer

Untuk para newbie seperti saya yang mau mencoba membeli PC

( Personal computer ) tapi budget yang bertahap ( anggaplah nyicil )dan mau merakit sendiri hardware yang sudah anda beli nah mungkin artikel ini cocok untuk anda jadikan referensi ayo mang mulai aja ya. yang pertama liat dulu artikel tentang dasar-dasar komputer berdasarkan fungsinya yang sudah ada di artikel yang lalu. bahan-bahan sebagai berikut :

Kebutuhan Hardware

Mainboard Processor 1 set
RAM ( Random Access Memory ) sesuaikan dengan mainboard yang sudah anda beli.
VGA Card disesuaikan dengan kebutuhan anda ” baca Tips memilih vga ”
Hard Drive ( Hard disk )
Optical Drive
Casing
Mouse dan Keyboard
Monitor
Speaker
Printer
Tools yang dibutuhkan seperti obeng + – dsb. Mutlak dibutuhkan untuk merakit komputer.

Kebutuhan Software

OS ( Operating System ) mau pake windows, linux atau macOS for Intel x86/x64 pokoknya bebas untuk masalh OS dan software tambahan contoh Office, Adobe, Corel, dan Software audio video yang anda kehendaki Cara meracik bahan-bahan yang sudah disiapkan

Memasang Processor Pada Mainboard

Bukalah kotak processor, dan keluarkan processor beserta heatsink yang dilengkapi dengan kipas. Pasangkan processor dengan memperhatikan tanda ’siku’ yang ada pada processor dan pada soket di mainboard (geser dan angkat dahulu penutup soket processor pada mainboard). Pemasangan harus pas antara mainboard dengan processor.
Setelah itu pasangkan heatsink yang dilengkapi dengan kipas pada bagian atas processor. Pasangkan pengait di bagian kiri dan kanan heatsink. Setelah itu ‘kuncilah’ supaya heatsink menyatu dengan mainboard, dan tidak akan bisa mudah terlepas. Jangan lupa menghubungkan kabel power kipas dengan mainboard yang biasanya terletak dekat di bagian kiri atau kanan dari soket processor.

Memasang memori (RAM)

Pasang RAM ( Random Access Memory ) pada soket yang tersedia pada komputer sesuai dengan jenis memory pada mainboard. Pastikan posisi pemasangan pada slot sesuai dengan letak dari memori. Setelah posisinya pas, tekan memori supaya masuk dan menyatu dengan mainboard. Ini akan terlihat pengunci di bagian kiri dan kanan akan otomatis naik ke atas, bila memori sudah terpasang dengan benar.

 

Memasukkan Mainboard ke Casing komputer

Saatnya anda memasukkan mainboard ke dalam casing. Kalau kamu kesulitan memasang mainboard atau terbentur dengan power supply, sebaiknya kamu copot dahulu power supply dari casing. Pasanglah dahulu ‘backplate’ penyangga (yang ada pada kotak mainboard) pada bagian dalam casing. Backplate sebaiknya disesuaikan dahulu dengan posisi mainboard, dan bolongin bagian aluminium yang mungkin masih tertutup aslinya dari pabrik.
Setelah itu pasanglah baut ( cek dahulu posisi pemasangan supaya letaknya pas dengan mainboard) yang akan menjadi penyangga dari mainboard (mur bentuk atasnya bolong, bawahnya berbentuk sekrup) pada tempat yang disediakan pada casing. Pastikan posisinya tepat, dan kuncilah dengan tang. Setelah letaklah mainboard pada bagian atas mur, dan kuncilah dengan sekrup yang ada. Pastikan mur terpasang dengan benar, sehingga mainboard ketika diangkat, tidak akan bergerak.
Hubungkanlah colokan kabel power supply dengan mainboard, perhatikan kabel yang cocok untuk itu (biasanya letaknya dekat dengan memori). Ada 2 kabel yang harus kamu pasang (kalau komputer tipe tertentu atau tipe lama cuma 1 kabel saja).

Pemasangan kabel panel

Yang menghubungkan mainboard dengan casing yang terletak pada bagian bawah casing, yang ada sekitar 15 buah kabel. Untuk memasangnya, kamu perlu melihat buku manual dari mainboard kamu, atau kadang ada keterangannya pada mainboard, Pasangkan dengan melihat posisi + dan – dengan benar, dan pastikan jangan sampai salah.

Memasang Harddisk dan DVD-ROM/RW

Langkah selanjutnya adalah memasang harddisk di tempat yang sudah disediakan pada bagian dalam casing. Biasanya letaknya ada di tengah-tengah bagian bawah dari casing. Janga lupa untuk menghubungkan kabel power ke harddisk, dan kabel data harddisk ke mainboard, setelah itu kuncilah dengan sekrup yang disediakan. Pada video di youtube pemasangan harddisk masih berupa harddisk tipe lama yaitu yang masih menggunakan IDE. Kalau harddisk SATA caranya kurang lebih sama, kamu hanya perlu mencocokan pemasangan kabel saja ke harddsik.
Langkah pemasangan DVD-ROM atau RW juga hampir sama. Kamu perlu mencopot dahulu penutup yang ada pada bagian atas casing. Setelah DVD-ROM terpasang, jangan lupa untuk mengunci keempat sisi DVD-ROM dengan sekrup yang disediakan. Jangan lupa juga menghubungkan kabel dari power ke DVD-ROM dan kabel data ke mainboard. Dan satu lagi kabel audio yang bisa kamu hubungkan dengan sound card (kalau ada) atau mainboard (kalau sound card kamu onboard).

Sumber : https://www.dosenmatematika.co.id/