Mengenal Analisa Kebutuhan Server

Mengenal Analisa Kebutuhan Server

Mengenal Analisa Kebutuhan Server

Mengenal Analisa Kebutuhan Server
Mengenal Analisa Kebutuhan Server
Server adalah perangkat yang ditujukan untuk menyediakan sebuah layanan kepada beberapa perangkat lainya. Terkadang server disiapkan untuk menangani pekerjaan berat, dan terkadang yang lainya disiapkan untuk menangani pekerjaan yang ringan. Jadi tidak semua kebutuhan server itu sama tergantung untuk layanan apa server tersebut disiapkan, mungkin beberapa kebutuhan bisa diminimalisir untuk menghemat biaya.
Oleh karena itu ketika kita ingin menyiapkan server ada beberapa hal yang harus dianalisan dan disiapkan agar server yang kita siapkan cocok dengan tugas yang akan dikelolanya serta dapat bekerja secara maksimal.
Berikut adalah adalah beberapa hal yang harus diperkirakan untuk mendapatkan server dengan kinerja yang optimal:

1. Hardware Jaringan

Hadrawe adalah perangkat keras yang harus diperhitungkan ketika kita ingin menyiapkan server hardware yang dipilih akan sangat menentukan performa server, jika salah memilih hardware maka serverpun tidak dapat bekerja dengan baik. Hardware yang dimaksud adalah hardware jaringan yang bekerja sama dengan server, seperti Router, Switch, dsb. Pastikan, bahwa server kita bisa bekerja sama dengan hardware lainya, pastikan bahwa port untuk koneksi antara peripheral satu bisa bekerja dengan yang lainya.

2. Aktifitas Bisnis

Setelah hardware yang bisa bekerja sama dengan baik, maka kita harus tahu aktifitas bisnis kita seperti apa. Dalam analisa kedua ini, kita harus tahu seberapa berat aktifitas yang dilakukan oleh server, apakah server akan melakukan komputasi matematika yang rumit? Apakah server hanya menyediakan konten? Apakah server bekerja dengan keras sebagai penyedia jasa kriptografi?
Setelah mengetahui aktifitas bisnis, kita bisa menentukan kebutuhan hardware operasional dalam server kita, berapa clock rate yang dibutuhkan, jumlah RAM, jumlah penyimpanan data, processor dan hardware lainnya yang merupakan hardware utama sebuah komputer server.

3.Β Jumlah Pengguna

Selain aktifitas bisnis, maka yang tidak bisa lepas darinya adalah jumlah pengguna. Aktifitas bisnis yang ringan mungkin memerlukan kualitas hardware yang rendah, tapi dengan jumlah pengguna yang banyak, maka kualitas hardware yang tinggi juga dibutuhkan.
π’π’‘π’•π’Šπ’Žπ’‚π’=(π’π’‘π’†π’π’ˆπ’ˆπ’–π’π’‚βˆ—π’“π’‚π’Œπ’•π’Šπ’‡π’Šπ’•π’‚π’” π’ƒπ’Šπ’”π’π’Šπ’”)βˆ—π’π’‘π’†π’π’ˆπ’ˆπ’–π’π’‚ Untuk mendapatkan spesifikasi yang minimal, jumlah pengguna dikalikan dengan rasio aktifitas bisnis yang dibutuhkan karena mereka saring terkait satu sama lain. Spesifikasi minimal tersebut dikalikan dengan jumlah pengguna lagi untuk membuat margin antar spesifikasi minimal dan rata-rata operasional.

4. Skalabilitas

Sebuah struktur yang baik adalah apabila struktur tersebut tumbuh, dia tidak perlu dibangun lagi dari awal. Server harus bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan kebutuhan di masa mendatang. Penentuan skema jaringan, dan juga pembagian sumber daya yang tepat, alokasi cadangan yang tepat bisa membuat perkembangan server dengan mudah tanpa harus merubah yang sudah jadi.

5. Titik Penyebaran

Server dengan pengguna yang tersebar mempunyai jarak yang berbeda-beda dalam mengirimkan informasi. Apabila titik penyebaran terlalu jauh, bukan tidak mungkin server sekunder yang lebih dekat harus dibuat. Pembuatan server sekunder, bisa membuat penyampaian informasi, apabila tidak dimungkinkan, maka optimalisasi hardware media pengiriman data harus ditingkatkan, seperti menggunakan media kecepatan tinggi seperti kabel fiber, dsb.

6. Software

Ingat bahwa hardware tidak bisa bekerja tanpa software. Pemilihan software yang tepat juga dibutuhkan. Kita juga bisa melihat aktifitas bisnis yang dilakukan, apakah server berfungsi sebagai penyedia DNS? Berarti, kita harus menginstall software manajemen DNS di server. Bagaimana dengan pemilihan jenis atau merk DNS server? Pemilihan yang sesuai tergantung dari kebutuhan server, apabila server melayani jutaan pelanggan tiap harinya dan apabila mati sejenak bisa menyebabkan bencana, maka pemilihan merk software sebaiknya dilakukan sebaik mungkin untuk meminimalisir kerugian.
Baca Artikel Lainnya: