Mengenal Apa Itu Probiotik

Mengenal Apa Itu Probiotik

Mengenal Apa Itu Probiotik

Mengenal Apa Itu Probiotik
Mengenal Apa Itu Probiotik

Probiotik

adalah bakteri hidup yang diberikan sebagai suplemen makanan yang mempunyai pengaruh menguntungkan pada kesehatan pada manusia dan binatang, dengan memperbaiki keseimbangan mikroflora intestinal. Mikroflora yang digolongkan sebagai probiotik adalah yang memproduksi asam laktat terutama dari golongan Lactobacilli dan Bifidobacteria.

Bakteri Saluran Cerna

Di dalam saluran cerna, terdapat bakteri ‘baik’ dan ‘jahat’. Bila si ‘jahat’ lebih dominan akan timbul gangguan. Bertambahnya bakteri ‘jahat’ dapat disebabkan oleh berbagai hal, antara lain pola makan tidak sehat, pola hidup tidak teratur, atau konsumsi antibiotik yang berlebihan.

Bakteri ‘baik’ disebut probiotik (misalnya Bifidobacteria, Lactobacillus) adalah mikroorganisme yang bila dikonsumsi manusia akan memberikan efek positif bagi kesehatan. Pertumbuhan probiotik dapat dipertahankan atau ditingkatkan dengan mengkonsumsi probiotik secara langsung atau melalui prebiotik.

Prebiotik adalah bahan makanan (umumnya karbohidrat) yang bila dikonsumsi manusia akan meningkatkan kesehatan dengan cara menstimulasi pertumbuhan dan aktivitas probiotik (atau dengan kata lain, adalah makanan probiotik).

Sedangkan probiotik dan prebiotik yang diberikan secara bersama-sama dan memberikan efek yang menguntungkan bagi manusia yang mengonsumsinya disebut sinbiotik.

Probiotik merupakan preparat yang mengandung kuman hidup, jenis flora normal, dan dibutuhkan dalam jumlah yang cukup. Probiotik harus berisi bakteri hidup dalam usus manusia dan memberikan manfaat yang menguntungkan.

Syarat probiotik:

– Mikro endogen
– Resisten terhadap asam lambung dan empedu
– Kolonisasi resisten pada epitel dalam jumlah yang banyak
– Menghasilkan bakteriosin
– Stabil tidak berubah-ubah.

Dengan diproduksinya bakteriosin tersebut maka dapat merusak toksin reseptor kuman lain yang ada didalam usus, dapat membunuh kuman patogen lainnya sehingga dapat mencegah terjadinya diare dan karsinoma usus.

Bifidobacteria banyak terdapat pada ASI (95%) sehingga bayi yang minum ASI jarang mengalami mencret. Umumnya biasa muncul pada hari ke 7 setelah kelahiran. Bifidobacteria ini dapat melekat dengan erat sehingga seluruh dinding usus dipenuhi oleh bifidobacteria.

Kuman Lactobacillus dan bifidobacteria menghasilkan asam laktat (homofermentasi) sehingga kuman patogen tidak dapat tumbuh, selain itu lactobacillus juga membentuk asam laktat, CO, etanol dan sitrat (heterofermentasi).

Namun untuk mendukung pertumbuhan dari probiotik tersebut didalam usus dibutuhkan suatu substrat. Prebiotik merupakan makanan yang sangat bermanfaat untuk nutrisi dari bakteri baik di usus.

Peran probiotik :

  1. probiotik meningkatkan sistem kekebalan saluran cerna dan barier (pertahanan) dinding saluran cerna sehingga dapat memberikan proteksi terhadap infeksi saluran cerna atau membuat seorang anak menjadi lebih toleran terhadap makanan yang bersifat alergi.
  2. probiotik menghambat pertumbuhan bakteri ‘jahat’ dengan cara mencegah bakteri jahat menempel pada dinding saluran cerna dan menciptakan lingkungan asam sehingga bakteri ‘jahat’ tidak dapat tumbuh.
  3. probiotik memproduksi berbagai enzim pencernaan dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.

Probiotik yang efektif harus memenuhi beberapa kriteria :

  1. memberikan efek yang menguntungkan pada host,
  2. tidak patogenik dan tidak toksik,
  3. mengandung sejumlah besar sel hidup,
  4. mampu bertahan dan melakukan kegiatan metabolisme dalam usus,
  5. tetap hidup selama dalam penyimpanan dan waktu digunakan,
  6. mempunyai sifat sensori yang baik,
  7. diisolasi dari host.

Efek kesehatan yang menguntungkan dari probiotik adalah :

  1. memperbaiki keluhan malabsorsi laktosa,
  2. meningkatkan ketahanan alami terhadap infeksi di usus,
  3. supresi kanker,
  4. mengurangi kadar kholesterol darah,
  5. memperbaiki pencernaan,
  6. stimulasi imunitas gastrointestinal.

(Sumber: https://weareglory.com/)