Mengenal Tentang Teks Iklan

Mengenal Tentang Teks Iklan

Mengenal Tentang Teks Iklan

Mengenal Tentang Teks Iklan
Mengenal Tentang Teks Iklan

Pengertian teks iklan

Secara umum pengertian dari teks iklan adalah  suatu media komunikasi yang sangat efektif untuk menyampaikan informasi kepada target audience  dengan tujuan untuk mempengaruhi, mempromosikan, mengingatkan, menginformasikan, melarang membujuk dan merayu target audience.

Teks iklan juga memiliki pengertian secara khusus tergantung dari jenis iklan yang ingin dibuat, untuk iklan sebuah produk misalnya, Teks iklan merupakan salah satu media promosi yang efektif dalam memasarkan berbagai produk kepada konsumen karena daya jangkauannya yang luas dan masif. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan suatu produk, baik barang maupun jasa kepada masyarakat, guna menarik perhatian masyarakat untuk mengenali, membeli, hingga mengonsumsi atau menggunakan produk yang diiklankan.

Fungsi teks iklan

Secara sederhana, pengertian teks iklan adalah sebagai pesan yang menawarkan suatu  produk yang ditunjukkan oleh suatu masyarakat lewat suatu media. namun untuk mmebedakannya dengan pengumuman biasa, iklan lebih diarahkan untuk membujuk orang supaya membeli.

iklan mempunyai beberapa fungsi yaitu sebagai berikut:

1. Sebagai persuasi / upaya pendekatan ( mengarahkan konsumen untuk membeli)

2. Sebagai informasi (menyampaikan produk baru) 2.

3. Sebagai reminder atau pengingat (iklan mengingatkan konsumen tentang produk tertentu agar selalu menggunakanproduk tersebut)

Ciri iklan yang baik

Ciri ciri iklan yang baik adalah sebagai berikut:

1. Mempunyai sasaran yang jelas,dengan menentukan target konsumen ada target utama dan target kedua,ini juga untuk menentukan media pasang iklan dan penetapan target konsumen tergantung pada kualitas,harga,distribusi(jangkauan pemasaran)

2. Mempunyai fokus atas hal yang ingin di komunikasikan dariproduk dan jasa yang di iklankan

3. Mempunyai daya tarik tertentu hingga konsumen yang di sasarnya bisa berhenti untuk memperhatikan isi iklan,selain kata kata menarik,daya tarik iklan muncul dari desain layout yang menarik.

4. Sajikan iklan dengan menarik karena suatu iklan dengan isi pesan bagus jika tidak di sajikan bagus tak akan menarik.

5. komunikasi iklan memiliki empat unsur utama yaitu :

  • Pengirim iklan adalah produsen atau dalam bisnis periklanan di wakili biro iklan
  • Isi iklan dalam iklan ada headline kalimat singkat tidak lebih dari 10 kata dan di harapkan konsumen langsung dapat banyak informasi mengenai produk dan jasa body copy adalah informasi tambahan bila konsumen tertarik.
  • Media komunikasi tempat iklan di sajikan baik di media cetak,media elektronik atau media lainnya antara lain media internet yang penetrasinya di indonesia masih kurang,billboard dll.
  • Penerima iklan konsumen yang di sasar produk barang atau jasa kita

6. Pilihlah slogan dengan kata kata padat dan berisi yang merupakan gambaran terhadap headline di mana konsumen dapat membaca lebih detail.

Syarat teks iklan

Sedangkan Syarat-syarat Iklan yang baik adalah sebagai berikut:

Ditinjau dari isinya, iklan harus :
a. Harus objektif dan jujur

b. Singkat, jelas dan mudah dipahami

c. Tidak menyinggung pihak lain

d. Menarik perhatian orang banyak

Ditinjau dari bahasanya, iklan harus : 

a. Menggunakan pilihan kata yang tepat, menarik, logis dan sopan

b. Ungkapan/majas yang digunakan memikat dan memiliki daya sugesti bagi khalayak

c. Bahasa disusun untuk menonjolkan informasi yang dipentingkan

d. Teks iklan harus menuju sasaran

Langkah-langkah menyusun teks iklan

Untuk memudahkan dalam membuat teks iklan, ada langkah-langkah yang bisa anda gunakan sebagai berikut:

1. Mempelajari apa yang di iklankan dan mengetahui produk pesaingnya.

2. Mempelajari tujuan produk yang akan diiklankan.

3. Melakukan kegiatan pengumpulan ide-ide.

4. Memilih ide yang paling terbaik.

Jenis-Jenis Iklan
Iklan terdiri dari berbagai jenis diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Iklan Pemberitahuan/Pengumuman, yaitu iklan yang bertujuan untuk memberitahukan sesuatu kepada khalayak. Salah satu contoh iklan pemberitahuan adalah iklan keluarga. contoh : kelahiran, ulang tahun, perkawinan, kematian, dsb.

2. Iklan Undangan, yaitu iklan yang berisi ajakan/himbauan untuk mendatangi suatu acara.

3. Iklan Layanan Masyarakat (ILM), yaitu iklan yang bertujuan memberikan penerangan/penjelasan kepad amasyarakat. Contohnya adalah iklan KB dan iklan bahaya narkoba.

4. Iklan Permintaan, yaitu iklan yang berisi permintaan sesuatu, seperti lowongan kerja.

5. Iklan Penawaran, yaitu iklan yang bertujuan menawarkan suatu produk. Iklan ini dipasang oleh perusahaan- perusahaan.

6. Iklan Artikel, yaitu iklan yang berisi informasi/penawaran panjang yang diawali dengan perkenalan, isi, keunggulan dan penutup.

Contoh teks iklan

salah satu contoh teks iklan bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Teks iklan pada contoh di atas adalah sebagai berikut:

Listrik pintar
solusi isi ulang dari PLN
Saatnya anda beralih ke listrik pintar
hubungi kontak center PLN 123 dan pasang listrik pintar sekarang juga.
www.pln.co.id

Struktur dari teks iklan di atas adalah sebagai berikut:

Judul:
Listrik Pintar

sub judul:
Solusi isi ulang dari PLN

Tubuh Iklan:
Saatnya anda beralih ke listrik pinatar

Perluasan:
hubungi kontak center PLN 123 dan pasang listrik pintar sekarang juga.

(Sumber: https://www.gurupendidikan.co.id/)