Pengertian pasar modal

Pengertian pasar modal

Pengertian pasar modal

Pengertian pasar modal
Pengertian pasar modal

Pasar modal adalah

pasar finansial untuk membeli dan menjual utang jangka panjang atau sekuritas. Pasar jenis ini menghubungkan para orang kaya dengan seseorang yang dapat menempatkannya pada penggunaan yang produktif dalam jangka panjang, seperti perusahaan atau pemerintah membuat investasi jangka panjang. Pasar modal didefinisikan sebagai pasar yang mana uang disediakan untuk periode yang lebih panjang dari satu tahun. Regulator finansial mengawasi pasar modal dalam yurisdiksi mereka untuk melindungi investor dari penipuan.

Pasar modal modern adalah

hampir semuanya memakai sistem perdagangan elektronik yang mempunyai basis komputer; kebanyakan dapat diakses hanya oleh entitas di dalam sektor finansial atau departemen keuangan dari pemerintah atau korporasi, tapi beberapa dapat diakses secara langsung oleh publik. Ada banyak jumlah dari sistem tersebut, kebanyakan hanya melayani bagian kecil dari pasar modal secara keseluruhan. Entitas yang menyediakan sistem tersebut termasuk diantaranya bursa saham, bank investasi, dan departemen pemerintah. Secara fisik, sistem tersebut disediakan di seluruh dunia, meskipun mereka cenderung dikonsentrasikan di dalam pusat finansial seperti London, New York, dan Hong Kong.

Batas kunci di dalam pasar modal adalah

antara pasar primer dan pasar sekunder. Di dalam pasar primer, saham atau obligasi yang baru dirilis dijual kepada investor, seringkali melalui mekanisme yang dikenal sebagai underwriting. Entitas utama yang berusaha untuk mengumpulkan dana jangka panjang di pasar modal primer adalah pemerintah (baik itu lokal atau nasional) dan usaha bisnis (perusahaan). Pemerintah cenderung hanya merilis obligasi, sementara perusahaan seringkali hanya merilis ekuitas atau obligasi.

Entitas utama yang membeli obligasi atau saham adalah

dana pensiun, hedge funds, dana orang-orang super kaya, dan individu-individu kaya serta bank-bank investasi yang melakukan perdagangan untuk diri mereka sendiri. Pada pasar sekunder, sekuritas yang ada adalah dijual dan dibeli diantara para investor atau trader, biasanya pada suatu pertukaran, over-the-counter, atau lainnya. Keberadaan dari pasar sekunder meningkatkan kemauan para investor dalam pasar primer, karena mereka mengetahui mereka cenderung bisa menarik dana keluar dari investasi mereka jika kebutuhan mulai muncul.

Baca Juga :