Tenaga Kependidikan Usulkan 3 Calon Rektor IPB, Nih Nama-Namanya

Tenaga Kependidikan Usulkan 3 Calon Rektor IPB, Nih Nama-Namanya

Tenaga Kependidikan Usulkan 3 Calon Rektor IPB, Nih Nama-Namanya

Tenaga Kependidikan Usulkan 3 Calon Rektor IPB, Nih Nama-Namanya
Tenaga Kependidikan Usulkan 3 Calon Rektor IPB, Nih Nama-Namanya

BOGOR – Bursa bakal calon rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) mulai menggeliat, tiga nama bakal calon kembali diusulkan melalui jalur Tenaga Kependidikan IPB.

Tenaga Kependidikan IPB telah melakukan penjaringan Bakal Calon Rektor (BCR) yang dilangsungkan beberapa waktu lalu, bertempat di Gedung AHN Rektorat Kampus IPB Dramaga.

Dari penjaringan terdebut, telah terpilih tiga bakal calon rektor IPB. Sebanyak 24 nama bakal calon yang diusung oleh tenaga kependidikan dari 34 unit kerja. Tiga bakal calon rektor yang mendapatkan dukungan terbanyak yaitu Prof Yonny Koesmaryono, Arif Satria dan Rinekso Soekmadi.

Penjaringan bakal calon rektor IPB dilakukan melalui mekanisme masing-masing unit kerja mengusulkan maksimal tiga orang, dengan syarat tersebut telah memenuhi kriteria calon rektor yang telah ditetapkan oleh Panitia Pemilihan Rektor.

Ketiga bakal calon rektor yang telah mendapat dukungan selanjutnya akan disampaikan kepada Panitia Pemilihan Rektor untuk mengikuti proses berikutnya di tingkat Senat Akademik dan Majelis Wali Amanat (MWA) IPB, bersama-sama dengan bakal calon rektor yang diusung oleh jalur fakultas, sekolah bisnis, diploma dan Himpunan Alumni IPB.

Majelis Wali Amanat (MWA) IPB segera menggelar pemilihan rektor masa bakti

2017-2022 seiring berakhirnya masa jabatan Prof Herry Suhardiyanto.

“IPB mencari pemimpin akademik profesional yang dapat diterima oleh para pemangku kepentingan,” kata Ketua MWA IPB Prof Achmad Chozin.

Menurut Chozin, pemilihan Rektor IPB dilakukan bertepatan dengan saat pemerintah semakin merasakan pentingnya sektor pertanian, biosains, dan kemaritiman sebagai tulang punggung pembangunan nasional.

“Semoga proses Pemilihan Rektor IPB Tahun 2017-2022 mendapatkan Rektor yang diharapkan semua pemangku kepentingan,” katanya.

Lebih lanjut Chozin menjelaskan, pemilihan rektor IPB sesuai payung hukum

yang dipedomani oleh MWA, yakni Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 2013 tentang Statuta IPB, sedangkan yang menjadi rujukan adalah Peraturan MWA IPB Nomor 21/MWA-IPB/2016 Tentang Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan, Pemberhentian, dan Penggantian Antar Waktu Rektor Institut Pertanian Bogor.

Proses pemilihan rektor diawali dengan serangkaian Sidang Komisi dan Sidang

Paripurna MWA IPB pada Jumat 7 April lalu. Majelis Wali Amanat IPB menyetujui Operasional Pemilihan Rektor tahun 2017-2022 dan memilih Ketua Panitia Pemilihan Rektor.

Setelah pemilihan Ketua Panitia Pemilihan Rektor IPB. Selanjutnya Rapat Paripurna menyepakati proses pemilihan Rektor yang terbagai beberapa tahapan.

 

Sumber :

http://bengawan.uns.ac.id/makna-proklamasi/