Upaya Pencegahan Diri dari Bahaya Narkoba

Upaya Pencegahan Diri dari Bahaya Narkoba

Istilah narkoba sudah banyak dikenal didalam penduduk jaman kini, narkoba merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan obat terlarang, yang sesungguhnya merupakan zat adiktif. Tetapi tidak semua zat adiktif adalah narkoba, misal; alkohol, kafein, dan nikotin. Penyalahgunaan narkoba sudah mengundang banyak negatif. Oleh gara-gara itu, narkoba perlu dihindari.

Berikut lebih dari satu upaya pencegahan diri dari bahaya Narkoba;
Selalu ingat bahwasanya ancaman hukum untuk penyalahgunaan narkoba, lebih-lebih bagi pengedar narkoba adalah Lembaga Pemasyarakatan
Mengetahui akan bermacam macam dampak buruk narkoba
Gunakan saat dan tempat aman, jangan keluyuran malam-malam. Bersantailah bersama dengan keluarga, piknik, berkaraoke, makan bersama, masak bersama, beres-beres bersama, nonton bersama dengan keluarga.
Memilih pergaulan yang baik dan menjauhkan pergaulan yang mampu mengantarkan kita terhadap penyalahgunaan narkoba
Apabila membawa persoalan maka cari jalur keluar yang baik dan jangan jadikan narkoba sebagai jalur pelarian
Memiliki kegiatan-kegiatan positif, berolahraga atau pun mengikuti kegiatan-kegiatan organisasi yang beri tambahan dampak positif baik kepada kita.
Jangan dulu untuk mencoba-coba mengfungsikan narkoba, kalau atas dasar pertimbangan medis atau dokter

Perlu diketahui;
Zat adiktif dan psikotropika merupakan bahan yang dibutuhkan di bidang kedokteran. Misalnya morfin sebagai penawar rasa sakit saat operasi, alkohol sebagai antiseptik, dan kokain sebagai obat perangsang. Obat-obatan ini tidak boleh dipergunakan asal-asalan dan tidak diperjualbelikan bebas.

Baca Juga :