Biograafi Kristiani Herrawati Susilo Bambang Yudhoyono (Ibu Ani Yudhoyono)

Biograafi Kristiani Herrawati Susilo Bambang Yudhoyono (Ibu Ani Yudhoyono)

Kristiani Herrawati Susilo Bambang Yudhoyono atau lebih dikenal dengan nama Hj. Ani Bambang Yudhoyono. Dia adalah Ibu Negara Indonesia sejak suaminya Dr. Susilo Bambang Yudhoyono dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia pada tanggal 20 Oktober 2004 hingga saat ini gara-gara Presiden SBY terpilih kembali di dalam PEMILU ke 2 th. 2009. Ani terlahir di Jogjakarta pada tanggal 6 Juli 1952 sebagai anak ketiga berasal dari tujuh bersaudara berasal dari pasangan Jenderal Sarwo Edhie Wibowo dan Ny. Sunarti Sri Hadiyah.

Ibu Ani menikah dengan Dr. Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 30 Juli 1976 dan hidup di dalam 3 generasi kemiliteran yaitu: ayahnya, Jenderal Sarwo Edhie Wibowo, suami tercintanya, Dr. H. Susilo Bambang Yodhoyono, dan putra tertuanya , Kapten Inf. Agus Harimurti Yudhoyono.

Ibu Ani adalah ibu berasal dari dua orang putra. Putra tertuanya, Kapten Inf. Agus Harimurti Yudhoyono M.Sc, MPA, lahir di Bandung, pada tanggal 10 Agustus 1978. Menikah dengan Annisa Larasati Pohan pada tanggal 9 Juli 2005 dan membawa seorang putri bernama Almira Tunggadewi Yudhoyono. Kapten Inf. Agus udah berhasil menyelesaikan pendidikan Masternya di Nanyang University di Singapura, jurusan Pertahanan Strategi dan baru saja menyelesaikan program Master in Public Administration di John F. Kennedy School of Government, Harvard University pada bulan Juni 2010. Putra keduanya Edhie Baskoro Yudhoyono lahir di Bandung, pada tanggal 24 November 1980. Edhie Baskoro lulus sebagai Sarjana Perniagaan berasal dari Universitas Teknologi Curtin, Perth Australia Barat dan juga membawa gelar Master in International Political Economic berasal dari Nanyang University di Singapura.

Ibu Ani adalah seorang muslim sejak lahir dan udah mobilisasi ibadah haji dan juga umroh sebagian kali. Dalam edukatif anaknya, Ani menerapkan kehidupan yang Islami, yaitu bekerja keras, disiplin dan jujur dengan semboyan “Manusia boleh merencanakan, tapi Tuhanlah yang menentukan”.

Ibu Ani adalah seorang mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia sebagaimana cita-citanya inginkan menjadi seorang dokter. Dia terpaksa meninggalkan bangku kuliah gara-gara wajib mengikuti ayahnya yang bertugas sebagai Duta Besar RI di Korea Selatan. Keinginannya untuk menimba pengetahuan tidak berhenti begitu saja agar kala mendampingi suaminya belajar di Amerika, Ibu Ani melanjutkan kuliah dan th. 1998 Ibu Ani lulus berasal dari Fakultas Ilmu Politik Universitas Terbuka (UT). Ibu Ani fasih berbicara, menulis, dan membaca di dalam bahasa Inggris dan juga memahami bahasa Korea secara pasif.

Organisasi dan Aktivitas
Ibu Ani adalah seorang wanita yang cerdas dan menarik. Senyumnya yang manis memancarkan ketulusan dan kebaikan hatinya. Dia pernah berhimpun dengan Partai Demokrat sebagai Wakil Ketua dan berperan aktif pada waktu kampanye Legislatif dan juga kampanye Pilpres untuk mendukung suaminya sebagai tidak benar seorang kandidat Calon Presiden pada Pemilu 2004 lalu.

Untuk mendukung program pemerintah, Ibu Ani bersama dengan para istri Menteri Kabinet Indonesia Bersatu membentuk suatu perkumpulan dengan nama Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) untuk mendukung masyarakat, khususnya anak-anak dan kaum perempuan yang tidak cukup beruntung di dalam rangka memberdayakan mereka melalui program “Indonesia Sejahtera” cocok tujuan Millenium Development Goals.

Untuk meraih Indonesia Sejahtera, SIKIB mobilisasi program:
Indonesia Pintar, Indonesia Sehat, Indonesia Hijau, Indonesia Kreatif dan Indonesia Peduli.
1. Indonesia Pintar ( GEMAR MEMBACA MERAIH CITA-CITA).

Misi utama: Memberantas Buta huruf, Kebodohan dan Mensejahterakan kehidupan masyarakat Indonesia khususnya kaum perempuan dan anak-anak.

Program Indonesia pandai menjangkau tempat yang tidak terjangkau (To Reach The Unreached), dan program ini diimplementasikan di dalam aksi nyata dilapangan di dalam bentuk: Mobil Pintar, Motor Pintar, Kapal Pintar dan Rumah Pintar.

Didalam program Mobil Pintar, Kapal Pintar, Motor Pintar terkandung 4 Sentra yaitu: Sentra buku, Sentra Komputer, Sentra Alat Permainan Edukatif dan Sentra Audio Visual dan Panggung

Untuk Rumah Pintar, tidak cuman 4 sentra diatas ditambah Sentra Kriya yaitu tempat Pemberdayaan Masyarakat khususnya untuk Ibu Rumah Tangga dan Remaja. Program ini dirancang untuk menambahkan ketrampilan hidup dan ketrampilan vokasional yang dikembangkan cocok dengan potensi alam dan potensi sumber kekuatan manusianya.

Konsep pembelajaran program Indonesia Pintar dijalankan dengan pendekatan Multiple Intelligences dengan metode Joyful Learning dan Integrated Learning.

2. Program Indonesia Sehat (BANGSA SEHAT NEGARA KUAT).

Program Indonesia Sehat menambahkan penyuluhan perihal Kesehatan khususnya Ibu dan Anak, juga menambahkan pelayanan kebugaran apabila mana diperlukan.

Dalam operasional di lapangan, program Indonesia sehat jalankan pelayanan melalui Mobil Sehat dan Motor Sehat yang mengunjungi masyarakat secara berkala. Peran dan Fungsi Mobil Sehat dan Motor Sehat ini dimasudkan untuk melengkapi program pemerintah yang udah ada. Mobil Sehat juga jalankan pelayanan ke tempat yang terkena bencana.

3. Program Indonesia Hijau (SELAMATKAN BUMI KITA)
Program Indonesia Hijau merupakan bentuk nyata kepedulian kaum perempuan pada pelestarian Lingkungan Hidup. Dalam gerakan perempuan tanam dan pelihara pohon yang di awali pada Desember 2007 yang lalu. Dengan jalankan penanaman pohon pada setiap kelahiran “Satu Anak, Satu Pohon, One Child, One Tree”.
Selain itu jalankan tebar benih ikan yang diarahkan kepada rancangan ketahanan pangan keluarga dan pemeliharaan kebersihan lingkungan dan sanitasi.

4. Program Indonesia Kreatif (LESTARIKAN BUDAYA, PACU KREATIVITAS).
Suatu program usaha pemberdayaan ekonomi
masyarakat cocok potensi lokal dan potensi Sumber Daya Manusia, dengan penggunaan Metode One Village One Product yang dikembangkan di di dalam Sentra Kriya yang ada diseluruh Rumah Pintar yang tersebar di Indonesia.
5. Program Indonesia Peduli (CINTA DAN PEDULI SESAMA).
Program ini punya tujuan meningkatkan rasa kesetiakawanan sosial dan solidaritas penanganan korban bencana alam dan juga pemberdayaan ekonomi bagi tempat bencana, tempat konflik, tempat terdepan yang dijalankan melalui berbagai program sebagai bentuk kepedulian kita kepada masyarakat.

Kegiatan Ibu Negara yang udah mendapat pernyataan dunia:

1. Pada tanggal 31 Juli 2007, Ibu Negara udah diundang sebagai tidak benar satu narasumber pada acara UNESCO Regional Conferences In Support of Global Literacy, di Beijing, China.

2. Kegiatan Gerakan Perempuan Indonesia Tanam dan Pelihara 10.000.000 (sepuluh juta) pohon dengan 7 (tujuh) organisasi perempuan Indonesia pada tanggal 1 Desember 2007 mendapat penghargaan berasal dari “The United Nations Environment Program” (UNEP) berbentuk “Certificate of Global Leadership”.

3. Ibu Ani juga pernah diundang sebagai pembicara utama di dalam acara .Wanita Sebagai Pendorong Dalam Menangani Perubahan Iklim., yang merupakan acara sampingan berasal dari acara COP-13 UNFCCC Bali pada bulan Desember 2007. Ibu Ani juga terima Global Leadership Award berasal dari UNEP untuk kepemimpinan Ibu Ani di dalam program Penanaman dan Perawatan 10.000 pohon di seluruh Indonesia.

4. Pada tanggal 28 Juli 2008, pada acara Regional Microcredit Summit 2008, Ibu Negara mendapat penghargaan berbentuk pin emas berasal dari M Yunus (Pemegang nobel perdamaian th. 2006 dan pendiri Grameen Bank, Bangladesh) gara-gara prinsip Ibu Negara yang tanpa henti mendorong dan mengembangkan UKM dan Kredit Mikro Indonesia melalui program PERKASSA (Program Perempuan Keluarga Sehat dan Sejahtera) dan Indonesia Kreatif. br />
5. Pada bulan Juli yang akan datang, atas undangan DPR RI dan UNESCO, Ibu Negara akan berpidato di hadapan bagian perlemen Asia Pasific tanggal 7 Juli 2010 perihal program Indonesia Sejahtera.

Ibu Ani juga aktif di dalam berbagai organisasi, pada lain:

1. Yayasan Taman Bacaan Indonesia (MANCA)
2. “Women International Club” (WIC) Jakarta
3. Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS)
4. Aliansi Pita Putih Indonesia (APPI)

Pelindung Utama PELINDUNG UTAMA
1. PKK
2. Mutumanikam Nusantara
3. Kebun Binatang Indonesia
4. Ikatan Perancang Kebaya Indonesia untuk Tahun 2009

Pembina Utama
1. Persatuan Istri Veteran Republik Indonesia (PIVERI)
2. Cita Tenun Indonesia (CTI)

Ketua Kehormatan
1. Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia

Ketua Umum
1. Ria Pembangunan

Pembina
1. Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB)

Ketua Dewan Pengarah
1. Program Sosial Indonesia Tersenyum (the Tempo Group)

Ketua Badan Pembina Nasional
1. Mitragender

Duta Nasional dan Icon
1. Duta HIV/AIDS
2. Duta ASI
3. Duta Peningkatan Mutu Perempuan dan Anak
4. Ibu Negara Peduli Autisme
5. Ikon Thalassameia Indonesia untuk th. 2010

Sumber : https://tutorialbahasainggris.co.id/

Baca Juga :