Jabar Gelontorkan Rp50 M Beasiswa JFL

Jabar Gelontorkan Rp50 M Beasiswa JFL

Jabar Gelontorkan Rp50 M Beasiswa JFL

Jabar Gelontorkan Rp50 M Beasiswa JFL
Jabar Gelontorkan Rp50 M Beasiswa JFL

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mulai membuka pendaftaran beasiswa Jabar Future Leader (JFL) tahun 2019, kemarin. Dan akan berakhir pada 8 September mendatang. Untuk program JFL ini, Pemprov Jabar mengalokasikan anggaran Rp50 miliar.

Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Daud Ahmad mengatakan, program beasiswa JFL 2019 ini dipersembahkan bagi masyarakat Jawa Barat yang sedang menem­puh pendidikan jenjang S1, S2, dan S3. ”Untuk tahap sekarang anggarannya Rp50 miliar. Nanti kan akan ada beasiswa setiap tahun, nah untuk tahun 2019 ini jumlahnya Rp50 miliar,” ujar Daud usai acara Jabar Punya Informasi (Japri), Senin.

Daud berharap, penerima beasiswa tersebut nantinya bisa terjun untuk

membantu prioritas program-program pembangunan di Jabar. Setiap mahasiswa, nantinya menerima manfaat bantuan biaya pendidikan serta program pembinaan dan pendampingan.

Beasiswa JFL sendiri terbagi menjadi dua kategori, yakni beasiswa prestasi akademis dan beasiswa prestasi non-akademis.

”Yang S1 itu dapat pembiayaan full, jadi 4 tahun mereka dibiayai sekolahnya ada juga living cost. Kalau S2 hanya biaya pendidikan dan yang S3 juga sama, itu bantuan sifatnya,” paparnya. Adapun kuota penerima beasiswa prestasi akademis, kata dia, yakni sebanyak 1.312 mahasiswa.

Untuk beasiswa pendidikan penuh jenjang S1 sebanyak 705 mahasiswa,

beasiswa pendidikan penuh jenjang S2 sebanyak 157 mahasiswa. Sedangkan beasiswa bantuan biaya pendidikan jenjang S3 adalah 50 mahasiswa dan beasiswa percepatan akses pendidikan tinggi jenjang S1 sebanyak 400 mahasiswa. Sementara menurut Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar Dewi Sartika, untuk beasiswa pendidikan penuh jenjang S1, S2, dan beasiswa bantuan biaya pendidikan jenjang S3 diperuntukkan untuk mahasiswa baru yang diterima di sepuluh universitas.

Perguruan tinggi tersebut, telah terakreditasi A dan telah bekerja sama dengan

Pemprov Jabar. Ke-10 universitas terse­but, yakni Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Univer­sitas Indonesia, Universitas Padja­jaran, Univer­sitas Pendi­dikan Indonesia, Uni­versitas Pasun­dan, Univer­sitas Islam Bandung, Universitas Telkom, Universitas Parahya­ngan, dan Universitas Presiden.

Khusus untuk beasiswa bantuan biaya pendidikan jenjang S3, ada satu tambahan universitas yang bisa me­ngikuti. kategori beasiswa terse­but, yakni mahasiswa UIN Sunan Gu­nung Djati Ban­­dung. Pen­daftaran bea­siswa JFL 2019 ini dapat dila­kukan di laman resmi Dis­dik Jabar beasiswa jfl.disdik.jabarprov.go.id.(ran/mtr)

 

Sumber :

https://jilbabbayi.co.id/sejarah-kerajaan-samudera-pasai/