500 Anggota Pramuka Ikut Bogor City Scout Festival

Pelatihan Kurtilas, Tiap Guru Dilatih Buat RPP

Pelatihan Kurtilas, Tiap Guru Dilatih Buat RPP

Pelatihan Kurtilas, Tiap Guru Dilatih Buat RPP
Pelatihan Kurtilas, Tiap Guru Dilatih Buat RPP

Ratusan kepala sekolah (kepsek) dan guru kelas 2 dan 5 se-Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, mengikuti pelatihan kurikulum 2013 (kurtilas) di SDN Semplak 2, Kelurahan Semplak, kemarin. Kegiatan yang dilaksanakan tiga hari itu bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru serta mewujudkan guru Indonesia yang berkarakter.

Menurut Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar (K3SD) Bogor Barat Deddy,

kegiatan ini dilaksanakan secara mandiri. ”Semoga setelah mengikuti pelatihan ini, para guru mampu mewujudkan hasil kerja secara kolektif, seperti menganalisis SKL, KI, KD untuk jenjang dan mata pelajaran sesuai beban tugasnya,” harapnya.

Selain itu, mampu menganalisis buku siswa untuk jenjang dan mata pelajaran sesuai beban tugasnya satu semester. ”Saya menyambut baik pelatihan Kurtilas ini. Semoga bisa memberikan motivasi.

Karena guru itu paling penting dalam satu proses pendidikan. Jadi, ke depan para guru harus bisa memposisikan anak didiknya itu sebagaimana mereka mendidik anak mereka sendiri di rumah,” imbuhnya. Ke depan, ia berharap para siswa di Kota Bogor khususnya menjadi orang yang bermanfaat dan bersaing dengan siswa lain di luar Bogor.

Sementara itu, pengawas pembina SD Kecamatan Bogor Barat, Cheppy,

menjelaskan, dalam pelatihan ini peserta diberi pemahaman tentang pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembuatan silabus, program tahunan, pembuatan kartu soal dan sistem evaluasi pembelajaran.

“Kami berharap dengan adanya pelatihan ini, kualitas dan profesionalisme guru dalam menyukseskan program pemerintah semakin meningkat.

Jadi, melalui pelatihan kurikulum 2013, bagi guru kelas 2 dan 5, kompetensi dan

profesionalisme guru semakin meningkat. Sehingga terciptanya guru Indonesia berkarakter,” pungkasnya

 

Baca Juga :