Aktivitas Pendukung Pengembangan Akuntansi

Aktivitas Pendukung Pengembangan Akuntansi

Aktivitas Pendukung Pengembangan Akuntansi

Aktivitas Pendukung Pengembangan Akuntansi
Aktivitas Pendukung Pengembangan Akuntansi

    Pengembangan akuntansi internasional dibantu secara ekstensif oleh sejumlah badan pemerintah, asosiasi akuntansi professional, dan institusi. Aktivitas pendukung di luar pergerakan standar internasional secara umum diklasifikasikan sebagai berikut :

  1. Organisasi-organisasi regional

            Organisasi regional telah terbentuk mulai dari pantai pasifik hingga Afrika Barat. Organisasi-organisasi ini berlaku sebagai penyangga antara kepentingan-kepentingan nasional yang kaku dengan kepentingankepentingan internasional yang luas. Organisasi regional ini merupakan kelompok-kelompok akuntan professional yang bervariasi dalam jumlah dan efektifitasnya.

  1. Institusi-institusi

            Institusi-institusi yang mendukung akuntansi internasional meliputi parlemenparlemen dan universitas-universitas di seluruh dunia, serta eksekutifeksekutif keuangan dan analis-analis keuangan. Dukungan yang datang dari institusi pendukung tersebut justru lebih kuat dari organisasi-organisasi regional

Dari pembahasan diatas, maka dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut :

  1. Akuntansi saat ini menyediakan informasi bagi pasar modal-pasar modal besar, baik domestik maupun internasional. Akuntansi telah meluas kedalam area konsultasi manajemen dan melibatkanlebih besar porsi teknologi informasi dalam sistem dan prosedurnya. Dengan demikian akuntansi jelas tanggap terhadap stimulus lingkungan.

            Menurut Choi dan Muller (1998; 1) Bahwa ada tiga kekuatan utama yang mendorong     bidang                         akuntansi internasional kedalam dimensi internasional yang terus             tumbuh, yaitu (1) faktor             lingkungan, (2) Internasionalisasi dari disiplin akuntansi,     dan (3) Internasionalisasi dari profesi             akuntansi. Ketiga faktor tersebut dalam        perjalanan/perkembangan akuntansi sangat berperan        dan menentukan arah dari            teori akuntansi yang selama bertahuntahun dan dekade banyak para         ahli             mencurahkan tenaga dan pikirannya untuk mengembangkan teori akuntansi dan             ternyata             mengalami kegagalan dan haltersebut menyebabkan terjadinya evolusi    dari ”theorizing” ke             “Conceptualizing”.

Baca Juga :