Asal-usul Nama Indonesia

Table of Contents

Asal-usul Nama Indonesia

Asal-usul Nama Indonesia – Yang dimaksud bersama dengan Indonesia ialah Indonesia di dalam pengertian geografis dan bangsa. Menurut pengertian geogiafis, Indonesia berarti bagian bumi yang membentang dari 95°-141° Bujur Timur, dan 6° Lintang Utara hingga 11 Lintang Selatan. Sedangkan Indonesia di dalam arti bangsa yang secara politik, ekonomi, dan sosial budaya di dalam lokasi tersebut.

Istilah Indonesia untuk pertama kalinya ditemukan oleh seorang pakar etnologi Inggris bernama James Richardson Logan terhadap th. 1850 di dalam ilmu bumi. Istilah Indonesia digunakan terhitung oleh G.W. Earl di dalam bidang etnologi. G.W. Earl menyebut Indonesians dan Melayunesians bagi masyarakat Kepulauan Melayu.

Pada th. 1862 istilah Indonesia digunakan oleh orang Inggris bemama Maxwell di dalam karangannya berjudul The Island of Indonesia (Kepulauan Indonesia) di dalam hubungannya bersama dengan ilmu bumi. Istilah Indonesia tambah kondang saat seorang pakar etnologi Jerman bernama Adolf Bastian memanfaatkan istilah Indonesia terhadap th. 1884 di dalam hubungannya bersama dengan etnologi.
Kata Indonesia berasal dari kata Latin indus yang berarti Hindia dan kata Yunani nesos yang berarti pulau, nesioi (jamak) berarti pulau-pulau. Dengan demilcian, kata Indonesia berarti pulau-pulau Hindia.

Indonesia dikenal pula bersama dengan sebutan Nusantara. Kata Nusantara berasal dari bhs Jawa Kuno, yakni nusa yang berarti pulau dan antara yang berarti hubungan. Jadi, Nusantara berarti kronologis pulau-pulau.

Bangsa Indonesia pertama kali memanfaatkan nama Indonesia secara politik. Istilah Indonesia untuk pertama kalinya digunakan oleh Perhimpunan Indonesia, yakni organisasi yang didirikan oleh pelajar-pelajar Indonesia di Negeri Belanda terhadap th. 1908. Organisasi berikut pertama kali benama Indische Vereeniging. Kemudian nama itu diganti menjadi Indonesische Vereeniging terhadap th. 1922. Selanjutnya terhadap th. 1922 terhitung namanya diganti Perhimpunan Indonesia.

Pada th. 1928 Kongres Pemuda II di Jakarta memanfaatkan istilah Indonesia di dalam pertalian bersama dengan persatuan bangsa. Kongres Pemuda berikut terhadap tanggal 28 Oktober 1928 menghasilkan Sumpah Pemuda yang di dalamnya tercantum nama Indonesia. Istilah Indonesia secara resmi digunakan sebagai nama negara kita terhadap tanggal 17 Agustus 1945 bersama dengan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Sumber : https://tokoh.co.id/biodata-blackpink-all-member-dan-fakta-terlengkap/

Baca Juga :