Seandainya Saya Menjadi IT Consultant

Seandainya Saya Menjadi IT Consultant

Seandainya Saya Menjadi IT Consultant

Seandainya Saya Menjadi IT Consultant
Seandainya Saya Menjadi IT Consultant

Ini adalah tugas terakhir untuk mata kuliah softskill, yaitu kita diberikan tugas untuk membayangkan menjadi seorang professional IT. Dan saya pun langsung searching di google apa saja profesi yang berhubungan dengan bidang IT. Tapi alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dari profesi?

Profesi adalah aktivitas intelektual yang dipelajari termasuk pelatihan yang diselenggrakan secara formal ataupun tidak formal dan memperoleh sertifikat yang dikeluarkan ileh sekelompok/badan yang bertanggung jawab pada keilmuan tersebut dalam melayani masyarakat, menggunakan etika layanan profesi dengan mengimplikasikan kompetensi mencetuskan ide ~ Daniel Bell (1973)

Profesi

Bagian dari pekerjaan, tetapi tidak semua pekerjaan adalah profesi.
Adalah pekerjaan yang mengharuskan pelakunya memiliki pengetahuan yang diperoleh dari pendidikan formal dan ketrampilan tertentu yang diperoleh melalui praktek dan pengalaman kerja pada orang yang terlebih dahulu menguasai ketrampilan tersebut.
Jadi menurut saya singkatnya profesi adalah pekerjaan yang dilakukan dengan keahlian yang kita miliki untuk mendapatkan upah/reward dan sejenisnya.

Kembali lagi ke profesi di bidang IT, berikut adalah daftar-daftar profesi di bidang IT :

Application Programmer
Database Administrator
Business Development Manager
ERP (enterprise resource planning) Consultant
Helpdesk Analyst
IT Administrator
IT Consultant
Network Administrator
Project Manager
System Engineer, dan lain-lain
Dari sekian banyak bidang IT yang membuat saya tertarik yaitu IT Consultant. Tugas utama seorang konsultan adalah merekomendasikan solusi teknologi IT terbaik untuk memecahkan masalah yang ada. Bila seorang software architect lebih menguasai solution domain, seorang technical consultant lebih menguasai problem domain. Seorang technical consultant mirip seorang system analyst yang lebih sering membuat konsep proses bisnis dan requirment daripada melakukan design atau coding (in progress)

Sumber : https://www.surveymonkey.com/r/8G73875