Struktur Pasar

Struktur Pasar

Table of Contents

Struktur Pasar

Struktur Pasar
Struktur Pasar

tahukah kalian? pasar bukan saja yang kita lihat dikasat mata saja, pasar juga bukan hanya ada di tempat-tempat yang biasa kita kunjungi sehari-hari, pasar juga mempunyai struktur dan berbagai macam dan jenis yang ada dipasar, disini saya akan membahas struktur dari pasar dan ciri-cirinya.

Pengertian Pasar

   Pasar adalah sebagai tempat bertemunya antara penjual dan pembeli. mereka saling melakukan interaksi dan terjadi tawar menawar untuk menemukan harga yang disepakati antara penjual dan pembeli dan uang sebagai alat untuk menukar barang.

  1. Pasar Nyata

    Tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Dalam hal ini pembeli dan menjual melakukan transaksi secara langsung. Contoh : pasar tradisional dan pasar swalayan.

  1. Pasar Abstrak

Dalam hal pasar abstrak,disini jual beli tidak selalu terjadi dipasar saja tapi dalam pasar abstrak ini kegiatan jual beli bisa dilakukan melalui internet seperti online shop.

  1.  Pasar Modernam

Pasar ini bersifat modern, dimana barang yang ditawarkan sudah harga pas dan tidak bisa ditawar lagi, tapi kita akan mendapatkan potongan jika ada diskon, pasar mpdernam ini dapat kita temukan di mall/plaza:

  1. Pasar Persaingan Sempurna

Pasar dimana terdapat banyak penjual dan pembeli dan produk yang diperjual belikan bersifat homogen.

Contoh : pasar hasil pertanian seperti beras dan sayur mayur.

  1. Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna:

  1. Pasar Monopoli

     Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “monopolis”. apabila permintaan barang banyak maka harga jual akan naik dan justru sebaliknya.

Ciri-ciri pasar monopoli yaitu:

  1. hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran
    2. tidak ada barang subtitusi/pengganti yang mirip (close substitute)
    3. produsen memiliki kekuatan menetukan harga
    4. tidak ada pengusaha lain yang memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berapa keunggulan perusahaan.

Pasar Oligopoli.

Pasar oligopoli adalah pasar yang hanya terdiri atas beberapa penjual untuk suatu barang tertentu, sehingga antara penjual yang satu dengan yang lainnya bisa memengaruhi harga.

Contoh: perusahaan menjual mobil dan sepeda motor, perusahaan    rokok, industri telekomunikasi dan perusahaan semen .

Ciri – ciri pasar Oligopoli yaitu:

  1. Terdapat banyak penjual/ produsen ya ng menguasai pasar.
    2. Barang yang dijual dapat berupa brang homogen atau berbeda corak.
    3. Terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk kedalam pasar. Satu diantara para oligopolis merupakan market leader yaitu penjual yang mempunyai pangsa pasar terbesar.

Macam-macam oligopoli:
Oligopoli murni yang ditandai beberapa perusahaan yang menjual produk homogen.
Oligopoli dengan perbedaan yang ditandai beberapa perusahaan menjual produk yang dapat dibedakan.

Sumber : https://chicagobearsjerseyspop.com/