UNAIR Terima 1.695 Calon Mahasiswa Baru Lewat SNMPTN

UNAIR Terima 1.695 Calon Mahasiswa Baru Lewat SNMPTN

UNAIR Terima 1.695 Calon Mahasiswa Baru Lewat SNMPTN

UNAIR Terima 1.695 Calon Mahasiswa Baru Lewat SNMPTN
UNAIR Terima 1.695 Calon Mahasiswa Baru Lewat SNMPTN

Hasil SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) resmi diumumkan pada Jumat (22/3/2019) pukul 13.00. Kemenristekdikti melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTPMT) mengumumkan hasil itu melalui laman resminya di http://pengumuman.snmptn.ac.id/.

Dalam siaran pers resmi LTMPT, total sebanyak 92.331 siswa dinyatakan lulus

seleksi pada 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia. Jumlah tersebut merupakan hasil seleksi dari jumlah pendaftar sebanyak 478.608 siswa.

Dari jumlah yang dinyatakan lulus SNMPTN 2019 tersebut termasuk 26.217 siswa dari peserta Bidikmisi. Universitas Airlangga (UNAIR) pun menerima calon mahasiswa dari jalur SNMPTN sebanyak 1.695 siswa. Jumlah itu dari daya tampung keseluruhan di UNAIR sebanyak 5.457 siswa.Total pendaftar jalur SNMPTN UNAIR 2019 mencapai 12.000 siswa.

Rektor UNAIR Prof Moh Nasih pun mengatakan bahwa dari jumlah siswa yang diterima melalui jalur SNMPTN, UNAIR menerima mahasiswa pendaftar Bidikmisi sebanyak 384 siswa atau 22,7 persen.

Program studi UNAIR dengan keketatan tinggi yaitu Ilmu Gizi, Teknobiomedik,

dan Statistik. Sedangkan menariknya Prodi Kebidanan dan Ilmu Perpustakan yang diterima lewat jalur SNMPTN adalah 100 persen perempuan.

Hingga pengumuman SNMPTN resmi dirilis, calon mahasiswa diminta untuk mempersiapkan diri dengan segala berkas yang diperlukan sampai pada tanggal 17 April. Salah satu yang mendesak adalah segera meng-upload data terkait dengan kemampuan ekonomi dan curriculum vitae, agar segera bisa dilakukan evaluasi untuk menentukan besaran uang kuliah tunggal (UKT).

Semua prodi yang ada di UNAIR juga menginginkan surat keterangan sehat dari

semua calon mahasiswa. Di antaranya asuransi BPJS dan non BPJS, serta surat keterangan bebas narkoba. Untuk prodi yang mensyaratkan tidak boleh buta warna akan dilakukan tes. Di antaranya prodi kedokteran, kimia, dan farmasi.

“Selamat bagi yang lulus, segera menyelesaikan administrasi dan melengkapi persyaratan lanjutan. Dan bagi yang belum jangan berkecil hati. Anggap saja kegagalan SNMPTN adalah keberhasilan yang tertunda,” ujar Prof. Nasih

 

Sumber :

https://www.ram.co.id/