Asah Mahasiswa Dua Negara Menjadi Pemimpin Andal

Dosen Ini Mewujudkan Biaya Pembangkit Listrik Termurah

Dosen Ini Mewujudkan Biaya Pembangkit Listrik Termurah

Dosen Ini Mewujudkan Biaya Pembangkit Listrik Termurah
Dosen Ini Mewujudkan Biaya Pembangkit Listrik Termurah

Ketidakseimbangan sistem distribusi pada transmisi energi listrik menyebabkan

kerugian yang sangat besar pada pembangkit listrik. Melalui penelitian yang dilakukan oleh Ir Ni Ketut Aryani MT untuk disertasinya, kerugian tersebut diharapkan dapat teratasi. Solusi dari hasil penelitiannya tersebut dipresentasikan dalam sidang doktor di Departemen Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Rabu (21/2).

Dalam sidang terbuka yang dipimpin oleh Prof Dr Yoyon Kusnendar Suprapto MSc tersebut, promovenda yang akrab disapa Aryani ini menjelaskan permintaan daya listrik dari konsumen saat ini semakin meningkat. Namun, fleksibilitas pembangkit konvensional masih sangat kurang, sehingga mengakibatkan kerugian pada pembangkit listrik.

Dipromotori oleh Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT dan Dr I Made Yulistya Negara ST

MSc, dosen Departemen Teknik Elektro ITS ini berhasil melakukan kombinasi Unit Commitment (UC), Economic Dispatch, dan metode Quantum Evolutionary Algorithm (QEA), sehingga menghasilkan penjadwalan dan pembebanan optimum pada Distributed Generation (DG).

UC merupakan penjadwalan pembangkit listrik harian sampai mingguan untuk

mencapai tujuan optimasi dengan tetap memperhatikan batasan sistem dan batasan unit pembangkit. “Penelitian ini menggunakan UC untuk menentukan waktu kapan setiap pembangkit akan diberi beban, on atau off-nya. Sedangkan, Economic Dispatch digunakan untuk menganalisa peminimalan biaya pembangkitan,” terang perempuan kelahiran Singaraja, 1 September 1965 ini.

 

Sumber :

https://obatsipilisampuh.id/