Jika Anak Diejek Teman Maka Ini Yang Sebaiknya Dilakukan Orang tua

Jika Anak Diejek Teman Maka Ini Yang Sebaiknya Dilakukan Orang tua

Diejek orang memang urusan yang dapat dialami oleh siapa saja dan siapa saja tentu tidak suka bila diejek ataupun di-bully. Lantas, apa yang bisa saya dan kamu lakukan sebagai orang tua bila anak mengadu karena anak diejek temannya?

Menunjukkan Empati Pada Kesedihan Si kecil

Dengarkan keluh kesah anak dengan sabar dan katakan, “Mama tahu bila anda tentu kecil hati dan tidak suka diejek seperti itu”. Selanjutnya tanyakan pada si kecil, apa ucapan teman-teman yang mengejeknya? Jika ia dicibir karena jelek atau gendut, tanyakan padanya apakah yang disebutkan mereka tersebut benar?

Hal tersebut dapat bisa dilaksanakan untuk mengajarkan anak mengenali dirinya sendiri. Jika anak diejek temannya sebab ia bertubuh gemuk, maka ajak si kecil untuk membetulkan penampilannya supaya tidak diejek lagi. Anda dapat mengajaknya berolahraga dan mengajaknya santap makanan yang sehat.

Ajarkan Anak Guna Berbesar Hati

Anak barangkali akan merasa kesal dan rendah diri sebab dirinya diolok-olok, Anda dapat menunjukkan kelebihan anak yang dimilikinya supaya dia besar hati. Sebagai misal jika ia pandai berhitung, rajin belajar, atau pintar berdendang maka dengan begitu, kepercayaan dirinya bakal bangkit lagi dan tidak merasa rendah diri dibandingkan teman-temannya.

Dekati Anak Yang Mengejek

Jika ejekan yang disebutkan teman anak sudah keterlaluan, usahakanl dekati anak ini dan ajak bicara dengan santai. Selanjutnya, tanyakan baik-baik padanya, mengapa ia mengejek anak anda dan katakan bagaimana perasaannya andai ia terdapat di posisi anak Anda karena apa yang ia lakukan sudah menyakiti perasaan anak Anda, serta apakah kalimat ejekannya tersebut cocok dengan kenyataannya.

Obrolan ini dapat membuat teman si kecil yang suka mengejek ini menjadi berpikir kembali, apakah mengolok-olok tersebut merupakansikap yang baik atau buruk, sekaligus mengajarkan seperti apa definisi ‘jelek’ yang ia lontarkan pada anak Anda. Dengan teknik laksana ini, ia akan memahami bahwa urusan tersebut tak patut diucapkan kepada teman.

Bicara Dengan Orang Tua Anak yang Mengejek

Tak salah andai Anda bertemu dengan orang tua anak yang suka mengejek dan bicara baik-baik padanya, meski tanggapan orang tua anak tersebut belum tentu baik atau bahkan tidak percaya dengan apa yang anda dikatakan. Tetapi sangat tidak, mereka mengetahui bahwa anaknya berperilaku buruk sampai dapat menasihatinya untuk mengubah sikapnya.

Katakan bahwa anaknya kerap mengejek anak anda sehingga menyebabkan si kecil menjadi sedih dan mintalah agar mereka menasihati anaknya untuk menghentikan kebiasaan mengejek tersebut dan katakan bahwa kata-kata ejekan tersebut menyakiti hati anak Anda.

Bila Ejekan Semakin Melampaui Batas

Jika anak diejek temannya saat ia berada di sekolah, saya dan anda bisa mengucapkan persoalan ini guna gurunya bahwa sering kali anak diejek temannya dan sudah melampaui batas.

Apabila gurunya tidak percaya, maka kamu bisa membekali anak kamu suatu perangkat perekam kecil di saku bajunya guna merekam suara anak yang mengejeknya. Selanjutnya barang bukti berupa rekaman tersebut dapat ditunjukkan pada guru sekolahnya pun ke orang tua anak yang suka meledek sampai mereka dapat melakukan perbuatan untuk mengatasi serta mengubah kelaziman anak tersebut.

Baca Juga: