Pengertian dan Ruang Lingkup Etika

Pengertian dan Ruang Lingkup Etika

Etika sebagai ilmu mempunyai sejumlah ruang lingkup kajian, Yakni: Etika menyelidiki sejarah dalam sekian tidak sedikit aliran, lama dan baru tentang tingkah laku manusia, etika merundingkan tentang cara- kiat menghukum, menilai baik dan buruk suatu pekerjaan, etika menginvestigasi hal hal urgen yang mencetak memenuhi, dan mendorong lahirnya tingkah laku manusia.

Etika merupakanteori tentang nilai, dan ilmu kesusilaan yang memuat dasar mengerjakan sesuatu. Etika merupakancabang filsafat yang merundingkan tentang perilaku manusia. Dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk.

Pengertian Etika

Pengertian Etika Secara etimologis, etika berasal dari bahasa Yunani, ethos. Dalam bentuk jamak, istilah ini menjadi ta etha yang berisi arti pemakaian, karakter, kebiasaan, kecenderungan, dan sikap yang mengandung analisis konsep- konsep seperti harus, mesti, benar, salah, serta berisi pencarian kehidupan yang baik secara moral. Sedangkan menurut penjelasan dari terminologis, etika memiliki tiga makna, yakni :

  • Etika sebagai kumpulan nilai- nilai atau asas tentang hak dan kewajiban moral atau akhlak.
  • Etika sebagai nilai- nilai benar atau salah, baik dan buruk yang dianut oleh masyarakat.
  • Etika sebagai ilmu pengetahuan tentang apa yang baik dan buruk serta tentang hak dan kewajiban moral.

Etika dalam filsafat ialah bagian dari aksiologi karena berbicara tentang tujuan yang hendak dicapai dalam sgala sesuatu. Etika merupakanteori tentang nilai, dan ilmu kesusilaan yang memuat dasar mengerjakan sesuatu. Dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk.

Etika sangat mempengaruhi kehidupan manusia, karena etika memberi insan tersebut orientasi kiat mereka menjalani hidup melalui rangkaian tindakan sehari- hari. Etika membantu manusia untuk mengambil sikap, maka dari itu etika tidak mempermasalahkan suasana insan tetapi mempersoalkan bagaimana insan tersebut mesti bertindak.

Jadi pada intinya,“etika” berarti ilmu tentang apa yang biasa dilakukan atau ilmu tentang adat kebiasaan.

Ruang Lingkup

Etika Etika sebagai ilmu mempunyai sejumlah ruang lingkup kajian, Yakni

a. Etika menyelidiki sejarah dalam sekian tidak sedikit aliran, lama dan baru tentang tingkah laku manusia.
b. Etika merundingkan tentang cara- kiat menghukum, menilai baik dan buruk suatu pekerjaan.
c. Etika menyelidiki faktor- hal urgen yang mencetak memenuhi, dan mendorong lahirnya tingkah laku manusia.
d. Etika menyatakan mana yang baik dan mana yang buruk.
e. Etika mengajarkan teknik teknik yang ditempuh juga untuk meningkatkan budi pekerti ke jenjang kemuliaan.
f. Etika menegaskan arti dan tujuan hidup yang sebenarnya. Sehingga manusia secara aktif dapat mengerjakan kebiasaan yang baik dan menjauhi segala kelakuan yang buruk.

Manusia sebagai pendukung nilai dengan kesadarannya menyerahkan penilaian manakah sesuatu perbuatan yang baik dan yang buruk. Untuk dapat menilai, sebuah tindakan baik atau buruk tentu dia harus tahu suatu tindakan baik atau buruk yang disebut dengan kesadaran etis atau kesadaran moral. Kesadaran etis itu potensial ada pada manusia. Kesadaran etis inilah yang akan menjadi indikator untuk insan untuk memberikan keputusan nilai terhadap sesuatu, yang bernilai baik atau buruk.

Sumberhttps://write.as/0uzhw1ajtq2bs1f1