Huawei Resmi Memperkenalkan HarmonyOS

Huawei Resmi Memperkenalkan HarmonyOS

Huawei Resmi Memperkenalkan HarmonyOS

 

Huawei Resmi Memperkenalkan HarmonyOS
Huawei Resmi Memperkenalkan HarmonyOS

Huawei, pabrikan teknologi terbesar di Cina menggelar acara yang diberi nama

Huawei Developer Conference (HDC) 2019. Dalam acara tersebut, Huawei langsung membuat kejutan dengan memperkenalkan sistem operasi terbarunya. Bukan Hongmeng OS, tetapi Huawei memberi nama sistem operasinya itu HarmonyOS.

Tidak seperti sistem operasi utama lainnya, HarmonyOS dirancang untuk bisa diimplementasikan ke dalam setiap perangkat. Ya! Hal ini bisa dilakukan karena sistem operasi ini dikembangkan berbasis mikro-kernel. Ini sekaligus upaya Huawei untuk memuat Harmony OS ke dalam banyak perangkat.

Ya! HarmonyOS diklaim oleh Huawei tidak hanya akan berfungsi pada smartphone, tetapi juga bisa berjalan lancar untuk berbaagai perangkat lainnya, seperti smart TV, tablet, speaker pintar, earbud nirkabel, smartwatch, PC, kacamata VR dan bahkan di mobil yang sudah mengusung teknologi modern.

A modularized #HarmonyOS can be nested to adapt flexibly to any device to create a seamless cross-device experience. Developed via the distributed capability kit, it builds the foundation of a shared developer ecosystem #HDC2019 pic.twitter.com/2TD9cgtdG8

— Huawei Mobile (@HuaweiMobile) August 9, 2019

Dari atas panggung, CEO Huawei, Richard Yu mengatakan bahwa sistem operasi ini dirancang untuk bekerja pada perangkat dengan RAM berukuran mulai dari kilobyte hingga gigabyte. Bahkan, Richard menjanjikan bahwa HarmonyOS akan mendukung berbagai aplikasi, termasuk Android, Linux dan HTML5 di masa depan.

Disebutkan, sistem operasi baru ini telah menggunakan kompiler Huawei ARK

 

dan akan mendukung banyak bahasa pemrograman, seperti Kotlin, Java, Javascript, C, dan C ++. Selain itu, HarmonyOS juga akan memiliki Trusted Execution Environment yang diverifikasi untuk keamanan dan bisa terhubung lebih baik di beberapa perangkat.

Ditambahkan oleh Richard bahwa Huawei mulai berkerja untuk mengembangkan sistem operasi sejak tahun 2017 lalu. Saat ini, HarmonyOS baru menginjak versi 1.0 dan versi 2.0 dijadwalkan akan diluncurkan pada tahun depan. Sementara itu, Huawei juga merencanakan HarmonyOS versi 3.0 akan meluncur pada tahun 2021.

 

Jadi, kita bisa berharap banyak bahwa PC atau laptop dengan sistem HarmonyOS

 

akan mulai bermunculan pada tahun depan. Selanjutnya, pada tahun 2022, kita juga berharap untuk bisa melihat headset VR yang dibekali HarmonyOS. Dengan begitu, pencinta gadget tidak melulu dicekoki dengan sistem operasi Android.

Sumber:

https://s.id/eK8Yt