Menyusun garis besar laporan penelitian

Menyusun garis besar laporan penelitian

Menyusun garis besar laporan penelitian

Menyusun garis besar laporan penelitian
Menyusun garis besar laporan penelitian

Setelah melakukan langkah-langkah penelitian yang telah dijelaskan sebelumnya, selanjutnya Anda akan membuat laporan penelitian. Oleh karena itu, terlebih dahulu, Anda harus memahami garis besar laporan penelitian. Hal yang harus dipahami, antara lain syarat-syarat penulisan laporan dan bagian-bagian laporan penelitian. Berikut ini penjelasannya.

Syarat-Syarat Penulisan Laporan
1. Penulis laporan harus mengetahui kepada siapa laporan itu akan ditujukan, misalnya untuk sponsor, kalangan mahasiswa, masyarakat umum, atau untuk majalah. Cara menulis artikel ilmiah di sebuah majalah atau buletin, makalah, surat kabar akan berbeda aturannya dengan menulis sebuah laporan penelitian walaupun masalah yang dikemukakan sama.

2. Penulis laporan harus menyadari bahwa pembaca laporan tidak mengikuti semua kegiatan penelitian. Oleh karena itu, langkah demi langkah seyogyanya dikemukakan secara jelas, termasuk alasan mengapa hal itu dilakukan.

3. Penulis laporan harus menyadari bahwa latar belakang pengetahuan, pengalaman, dan minat pembaca laporan tidaklah sama. Peneliti harus dapat meyakinkan pembaca bahwa penelitian yang dilakukan itu penting. Oleh karena itu, dalam mengemukakan hasil penelitian, peneliti harus menggunakan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami pembaca.

4. Laporan penelitian merupakan elemen penting dalam proses kemajuan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, hal yang diperlukan dalam laporan penelitian adalah kejelasan dan kemampuan meyakinkan para pembacanya. Penulisan laporan harus:
• menggunakan bahasa yang komunikatif, baik, dan benar;
• sistematis, yaitu langkah-langkahnya harus benar dan sesuai.

Bagian-Bagian Laporan Penelitian
Laporan penelitian merupakan karya ilmiah. Untuk itu, penulisan laporan penelitian harus mengikuti aturan penulisan ilmiah. Secara garis besar, laporan penelitian terdiri dari tiga bagian besar, yakni bagian pendahuluan, bagian isi atau badan laporan, dan bagian penutup.

Bagian pendahuluan (preliminary materials)
Di dalam bagian ini, peneliti menjelaskan penelitian secara garis besar, terutama sistematika penulisan agar pembaca dapat diajak mempelajari garis besar isi dan mengikuti laporan tersebut dengan mudah. Bagian ini terdiri dari beberapa subbagian berikut.

a. Halaman judul
Merupakan kulit sebuah laporan. Pada halaman ini dicantumkan judul penelitian. Judul sebaiknya jelas, ringkas, dan menggambarkan isi. Pada halaman ini juga dituliskan nama penyusun, nama lembaga, nama tempat, dan tahun penyusunan laporan.

b. Kata pengantar
Kata pengantar merupakan uraian pendek dari penulis tentang penelitiannya. Dalam kata pengantar diuraikan tujuan penelitian, masalah yang dihadapi, siapa yang memberi sponsor, dan ucapan terima kasih kepada pihak yang telah memberikan bantuan. Kata pengantar dapat juga ditulis oleh badan yang memberi sponsor. Pada akhir bagian kata pengantar, dibubuhkan keterangan tanggal, bulan, tahun penulisan, dan nama lengkap peneliti atau badan sponsor.

c. Daftar isi
Daftar isi berisi gambaran menyeluruh tentang isi laporan. Daftar isi menunjukkan bagian-bagian dari laporan sehingga hubungan antara satu bagian dan bagian lainnya dapat dlihat. Tiap-tiap bab atau subbab dicantumkan dengan jelas sesuai dengan urutan dalam nomor halamannya, demikian pula lampiran-lampiran. Daftar isi sangat membantu pembaca dalam menemukan bagian-bagian yang penting atau menarik untuk dibaca tanpa harus membaca seluruh laporan.

d. Daftar tabel, gambar, dan grafik
Seandainya dalam laporan itu tidak terdapat tabel, gambar, atau grafik, maka halaman ini tidak perlu dibuat. Sebaliknya, bila dalam laporan tersebut diperlukan tabel, gambar, atau grafik, maka halaman ini harus dibuat dengan jelas. Daftar tabel memuat judul-judul tabel yang ada dalam laporan tersebut. Daftar tabel disusun berurutan sesuai nomor pada setiap tabel.

Isi laporan (body of the paper)
Bagian ini memuat uraian-uraian tentang proses penelitian dan hasilnya. Bagian ini harus mampu menggambarkan pola berpikir ilmiah dalam keseluruhan proses penelitian. Bagian isi meliputi bab-bab berikut ini.

a. Bab pendahuluan
Pada bab pendahuluan ditampilkan perumusan masalah, ruang lingkup, kegunaan teoritis, dan praktik dari laporan yang ada. Jadi, pendahuluan mencakup latar belakang penelitian dan tujuan penelitian.

b. Bab tinjauan pustaka
Bagian ini ditulis untuk memberikan gambaran kepada pembaca mengenai hal yang telah dirintis oleh peneliti lain untuk memberikan penekanan pentingnya permasalahan dan memberikan petunjuk kepada pembaca ke mana mereka dapat mempelajari masalah tersebut lebih lanjut. Selanjutnya, peneliti mencoba mengemukakan alur pikirannya dengan cara merangkum penemuan dan membuat jembatan dengan apa yang akan ia lakukan. Bab tinjauan pustaka biasanya diakhiri dengan hipotesis.

c. Bab metodologi penelitian
Bab ini menerangkan tentang subjek, objek, ruang lingkup penelitian, teknik pengumpulan data, cara pengolahan data, dan analisa data yang digunakan. Metodologi penelitian biasanya telah disajikan dalam rancangan penelitian. Selanjutnya, peneliti tinggal menyempurnakannya.

d. Bab pelaksanaan penelitian
Pada bagian ini, peneliti menguraikan proses pelaksanaan penelitian, baik menyangkut validitas instrumen penelitian dan proses pengumpulan data maupun proses analisis datanya.

e. Bab hasil penelitian dan pembahasan
Bab ini merupakan inti laporan penelitian. Bagian inilah yang ingin diketahui oleh pembaca. Pada bagian ini, peneliti menguraikan seluruh hasil penelitian, tinjauan kepustakaan, dan metodologi yang digunakan, lalu dibandingkan satu per satu dan dicari keterkaitannya.

f. Bab kesimpulan dan saran
Kesimpulan harus dibuat singkat, padat, dan jelas. Kesimpulan berisi hal-hal yang telah dibahas pada bab sebelumnya. Pembaca yang memiliki waktu sedikit, kadang hanya membaca tujuan, hipotesis, dan hasil (kesimpulan penelitian). Ada kalanya, pada bagian ini diberikan saran terhadap masalah-masalah baru untuk diteliti lebih lanjut.

Sumber : https://galleta.co.id/