Menyusun hasil penelitian

Menyusun hasil penelitian

Table of Contents

Menyusun hasil penelitian

Menyusun hasil penelitian
Menyusun hasil penelitian

Setelah memahami garis besar penulisan laporan, Anda siap untuk menyusun laporan. Anda telah melakukan penelitian dengan tahap-tahap yang diberikan. Berdasarkan penelitian tersebut, didapatkan suatu hasil yang merupakan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan masalah yang Anda ajukan pada tahap sebelumya. Selanjutnya, tuliskanlah hasil penelitian tersebut. Namun, bagaimana menyusun hasil penelitian? Pada uraian di bawah ini, hal itu akan dijelaskan.

Pada dasarnya, laporan penelitian merupakan satu kesatuan pola pikir ilmiah yang disusun secara sistematis dalam sebuah tulisan. Laporan penelitian berisi segala informasi maupun catatan yang diperoleh seorang peneliti, baik sebelum mengadakan penelitian, ketika penelitian berlangsung, maupun sesudah penelitian. Karena itu, beberapa ahli membagi laporan penelitian atas tiga bagian besar, yakni bagian rancangan penelitian, bagian pembahasan dan analisis hasil penelitian, serta bagian kesimpulan.

Bagian Rancangan Penelitian
Rancangan penelitian biasanya telah disusun sebelum mengadakan penelitian. Pada tahap pelaporan, rancangan penelitian tinggal diperbaiki atau disempurnakan. Dalam rancangan penelitian, penulis menguraikan masalah penelitian, tinjauan pustaka, dan metodologi yang digunakan.

Pembahasan dan Analisis Hasil Penelitian
Pada penelitian kualitatif, pembahasan hasil penelitian dilakukan secara simultan dengan proses penelitian tersebut. Sementara itu, pada penelitian kuantitatif, pembahasan hasil penelitian hanya dapat dilakukan setelah tahap pengolahan dan analisis data karena apa yang dilaporkan adalah hasil pengolahan dan analisis data itu sendiri. Pada bagian ini, peneliti menguraikan data-data yang diperolehnya dalam bentuk uraian kalimat. Untuk memperkuat pernyataan, biasanya disertakan pula tabel-tabel data atau grafik-grafik yang mendukung.

Bagian selanjutnya adalah penafsiran terhadap analisis data. Dalam bagian ini, seorang peneliti harus melakukan penafsiran hubungan antardata yang kemudian dibandingkan dengan hipotesis (jika ada) yang telah dibuat. Perlu diingat di sini bahwa berbagai teknik analisis data, seperti statistik, hanya merupakan sarana dan bukan tujuan sebuah penelitian.

Kesimpulan
Akhirnya, seorang peneliti harus dapat menafsirkan sebuah kesimpulan akhir yang ditarik dari analisis yang telah dilakukan. Sebuah penelitian yang baik, pada hakikatnya tidak berhenti pada kesimpulan apakah sebuah hipotesis diterima atau ditolak, melainkan dilengkapi dengan sebuah evaluasi tentang penelitian itu sendiri. Hasil penelitian yang dilengkapi dengan evaluasi yang jujur tentang kelemahan-kelemahan penelitian akan membuat kesimpulan yang dihasilkan semakin dapat diandalkan.

Sumber : https://furnituremebeljepara.co.id/