Iseng Bikin Channel, Youtuber Manado Ini Kini Punya Mobil Sport

Iseng Bikin Channel, Youtuber Manado Ini Kini Punya Mobil Sport

Iseng Bikin Channel, Youtuber Manado Ini Kini Punya Mobil Sport

Iseng Bikin Channel, Youtuber Manado Ini Kini Punya Mobil Sport
Iseng Bikin Channel, Youtuber Manado Ini Kini Punya Mobil Sport

MENJADi youtuber sukses, merupakan impian setiap kaum milenial. Namun Kanneth Yosua Palilingan justru tak menyangkah dirinya akan menjadi salah satu influencer game di Youtube, yang memiliki jutaan subscriber dengan penghasilan menggiurkan.

Laporan: Revliando Abdillah, Manado

WAKTU menjelang sore, ketika penulis berkesempatan untuk mewawancarai Kanneth Yosua Palilingan. Tak disangka Kanneth merupakan influencer yang diikuti jutaan orang, adalah salah satu staf dosen di fakultas teknik Universitas Samratulangi Manado.

Dalam perbincangan tersebut, ia pun mengaku terkejut atas pencapaiannya sebagai youtuber saat ini. “Sebab pertama kali membuat akun di Youtube, sekadar keisengan semata, untuk mengisi waktu lowong,” ujarnya.

Angkatan 2014 Magister Teknik Informatika Universitas Atmajaya Yogyakarta ini menjelaskan perjalanan karirnya sebagai seorang youtuber dimulai, saat 2016 silam, tepatnya empat tahun lalu. “Dimana ini bermula saat saya ingin mendokumentasikan game Clash of Clan (CoC), yang sering dimainkan bersama rekan-rekan, Kebetulan kami juga memiliki clan dinamakan Manado Almighty (MA),” bebernya.

“Namun lambat laun channel yang saya namakan MA Gamerz sesuai dengan

nama clan saya justru booming. Pertama hanya sebatas clan saja yang tau, kemudian sering dibagikan tautannya, namun semakin banyak yang mengikuti chanel saya, justru saya semakin ketagihan memberikan konten game yang menarik, hingga tak disangkah bisa seperti saat ini, memiliko 2,3 juta subscribe,” jelas Dosen Teknik Unsrat tersebut

Ia menjelaskan awalnya hanya sekadar mengupload video dokumentasi, akhirnya ditonton puluhan ribu, bahkan jutaan orang. “Pertama sih hanya muncul iklan dan notif pemberitahuan bahwa beberapa video saya akan mendapatkan bayaran dari ADS, akhirnya saat ini nyaris seluruh video mendapatkan bayaran iklan,” tutur dia.

Meski saat ini dirinya telah memiliki studio khusus untuk pembuatan konten,

namun Kanneth menegaskan profesi utamanya, adalah seorang dosen. “Sebab mengajar merupakan panggilan jiwa saya, sehingga itu merupakan prioritas utama,” bebernya.

Dia menegaskan bahwa tujuan utamanya bukan mencari penghasilan. Tapi karena melihat banyak penonton di chanelnya, maka dicoba untuk diseriusi. “Saya lihat peluang untuk membuat konten game mobile. Sampai saat ini sudah ke game random. Bukan hanya CoC lagi,” ungkapnya.

Dikisahkan Kenneth, bagaimana dirinya saat ini sudah menjadi akademisi,

namun tetap dikenal mahasiswa sebagai MA Gamerz. “2016 saya selesai S2, tapi belum ada penerimaan dosen. Karena cita-cita saya memang jadi dosen. Sekalipun saat ini saya bersyukur sudah mendapat pekerjaan yang saya cita-citakan sebagai dosen. Namun Youtube tidak akan ditinggalkan. Sebab sudah dari pertama saya tekuni, maka hobi itu tidak ditinggalkan,” tegasnya. “Tapi yang utama pekerjaan saya adalah Dosen. Dan kalau tidak lagi sibuk di kampus, barulah saya mengerjakan hobi saya membuat vidio konten untuk chanel saya. Saya sudah tekankan pada diri saya, Youtube adalah hobi saya. Tetap pekerjaan utama adalah sebagai dosen,” terangnya.

 

sumber :

Messi Runner 2.1.5 Apk + Mod for android