Kelebihan dan KekuranganLinux vs Windows, Mana yang Paling Bagus

Kelebihan dan Kekurangan: Linux vs Windows, Mana yang Paling Bagus

Kelebihan dan Kekurangan: Linux vs Windows, Mana yang Paling Bagus

 

Kelebihan dan KekuranganLinux vs Windows, Mana yang Paling Bagus
Kelebihan dan KekuranganLinux vs Windows, Mana yang Paling Bagus

Sistem operasi merupakan bagian yang paling penting dari sebuah komputer. Kenapa dikatakan paling penting? Sebab, tanpa adanya sistem operasi maka komputer tidak akan bisa digunakan dengan baik dan benar oleh penggunanya sebagaimana mestinya. Sistem operasi merupakan jembatan antara pengguna dengan piranti komputer, supaya pengguna bisa melakukan pekerjaan dengan aplikasi tertentu yang dapat dijalankan di dalam sebuah sistem operasi.

Nah, berbicara mengenai sistem operasi, ada dua jenis sistem operasi yang saat ini banyak digunakan oleh berbagai pengguna komputer. Dua sistem operasi itu adalah Linux dan Windows. Mungkin sebagian besar dari kamu sudah tahu dengan kedua sistem operasi ini bukan? Lantas, apakah kamu juga salah seorang pengguna yang menggunakan salah satu sistem operasi tersebut?

Kelebihan dan Kekurangan Linux dan Windows

Daftar Isi

Kelebihan dan Kekurangan Linux dan Windows
Linux
Kelebihan Linux :
Kekurangan Linux :
Windows
Kelebihan :
Kekurangan :

Jika iya, tentu saja kamu sudah tidak asing mendengarnya. Linux dan Windows sebenarnya sama – sama merupakan sistem operasi komputer, hanya saja Linux merupakan sistem operasi terbuka (open source) dimana sistem ini gratis dan bisa dikembangkan siapa saja. Sedangkan Windows sebaliknya, merupakan sistem operasi tertutup (komersial) dimana tidak bisa dikembangkan pihak lain dan kita harus membeli lisensi pada perusahaan Microsoft jika ingin menggunakannya.

Dan pada dasarnya, baik Linux maupun Windows keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing . Maka dari itu, saya rasa kalian perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan apa saja yang dimiliki kedua sistem operasi yang banyak digunakan saat ini. Dengan begitu kamu juga bisa mengetahui lebih baik mana antara kedua sistem operasi ini. Nah berikut ini telah saya rengkum kelebihan dan kekurangan linux dan windows.

Linux

Linux merupakan sistem operasi gratis dan sumber terbuka, os ini cukup populer dan banyak digunakan untuk server, atau personal komputer.
Kelebihan Linux :

1. Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka sehingga tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux

2. Hampir semua aplikasi yang ada di Windows, sudah terdapat alternatifnya di Linux. Kita bisa mengakses situs web Open Source as Alternative untuk memperoleh informasi yang cukup lengkap dan berguna tentang alternatif aplikasi Windows di Linux.

3. Linux mudah digunakan. Sebenarnya, dulu Linux merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker. Namun, pandangan ini salah besar. Karena Linux saat ini mudah digunakan bahkan hampir semudah menggunakan Windows.

4. Keamanan Linux lebih unggul dibandingkan Windows. Sebab, hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware, dan sebagainya. Sementara hal tersebut hampir tidak terjadi pada Linux. Sebab Linux sejak awal didesain multi-user, dimana bila virus menjangkiti user tertentu, maka akan sangat sulit menjangkiti dan menyebar ke user yang lain.

Kekurangan Linux :

1. Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu tidak terlalu baik pada Linux. Sehingga untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita hanya bisa melihatnya di Linux-Drivers.org atau linuxhardware.org.

2. Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux atau masih ‘Windows minded’. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan pelatihan-pelatihan atau edukasi kepada pengguna supaya mulai terbiasa dengan Linux.

3. Proses instalasi software / aplikasi pada Linux tidak semudah di Windows. Sebab Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah jika terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Jika tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang diperlukan serta dependencies-nya.

Windows

Kelebihan yang dimiliki dari system operasi windows adalah karena system operasi ini bersifat user friendly dalam penggunannya, jadi Instalasi Software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain. Dan Kekurangan Sistem operasi Windows ini yaitu semakin banyaknya keluhan tentang serangan virus yang sering menyerang sistem operasi ini.

Walaupun sering ada perbaikan dari pihak pengembangnya, namun tetap saja

tidak dapat meminimalisasi gelombang serangan virus. Sebab komunitas nya yang terlalu sedikit, karna memang dia bersifat closed-source.

Kelebihan :

1. Konsumsi daya CPU, hard disk (HD) dan memori yang diperlukan system service lebih sedikit

2. Mengoptimisasi prefetching HD maupun SSD

3. Proses boot/shut down yang lebih cepat

4. Fitur sekurity yang ketat.

5. Tampilan yang lebih bagus dilihat dari segi 3 demensinya yang menonjol

Kekurangan :

1. Bug pada Windows Player 12

2. Terdapat hardware yang dapat langsung dikenali di Vista, namun tidak di Windows 7

3. Beberapa aplikasi yang belum bisa beroperasi di Windows 7

4. Susah memaksa software yang sebelumnya dapat dipaksakan di install di Vista, juga dipasang di Windows 7

Nah itulah Kelebihan dan Kekurangan Linux vs Windows yang telah saya

tuliskan diatas. Bagaimana? Tentu dengan informasi mengenai kelebihan dan juga kekurangan dua sistem operasi ini kamu tahu mana yang lebih baik antara Linux dan Windows bukan? Namun kesimpulannya, Linux memang lebih baik dibandingkan Windows dari segi keamanannya. Nah, mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga membantu dan juga bermanfaat.

Sumber:

https://puripermataraya.co.id/gesture-lock-screen-pro-apk/