Pengertian Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil Dan Perorangan

Pengertian Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil Dan Perorangan

Pengertian Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil Dan Perorangan

Pengertian Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil Dan Perorangan

Keterampilan dasar mengajar kelompok kecil dan perorangan merupakan

salah satu cara yang dapat di lakukan untuk dapat memfasilitasi system pembelajaran yang di butuhkan oleh siswa baik secara klasikal maupun individu. Oleh karena itu keterampilan mengajar ini harus  di latih dan di kembangkan, sehingga para calon guru atau guru dapat memiliki banyak pilihan untuk dapat melayani siswa dalam melakukan proses pembelajaran.

            Kelompok kecil dan perorangan juga diartikan sebagai sebagai penggabungan dari kegiatan belajar mengajar secara keseluruhan  yang sudah merupakan adat kehidupan sekolah di Indonesia. Dengan demikian, siswa akan mengalami kegiatan belajar secara klasikal, kelompok kecil, dan perorangan digunakan sesuai dengan topik pembahasan yang sedang dipelajari dan tujuan yang akan dicapai.

            Dalam hal ini mengajar kelompok kecil dan perorangan dapat diartikan sebagai perbuatan guru dalam konteks belajar-mengajar yang hanya melayani 3-8 siswa untuk kelompok kecil, dan hanya satu orang untuk perorangan. Pada dasarnya bentuk pengajaran ini dapat dikerjakan dengan membagi kelas menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil.

            Dari beberapa pengertian tentang belajar kelompok kecil dan perorangan diatas penulis dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran kelompok kecil dan perorangan adalah suatu perbuatan guru dalam konteks pembelajaran yang terdiri dari beberapa siswa atau sekitar 3-8 siswa saja,dan hanya satu orang untuk perorangnya. Adapun masalah – masalah yang sering dihadapi guru pada saat mengajar yaitu siswa pada dasarnya memiliki banyak perbedaan baik fisik maupun mentalnya, baik cara belajar maupun memahami pelajaran, dll. Jadi dengan perbedaan – perbedaan tersebut seorang guru harus menguasai keterampilan dasar mengajar agar semua masalah tersebut dapat teratasi.


Sumber: https://infinidb.org/line-rangers-apk/