7 Tips Mencegah Flu dan ISPA pada Anak

7 Tips Mencegah Flu dan ISPA pada Anak

7 Tips Mencegah Flu dan ISPA pada Anak7 Tips Mencegah Flu dan ISPA pada Anak

Di tengah polusi udara dan cuaca yang tidak menentu, orangtua perlu mencari cara untuk mencegah flu dan infeksi saluran napas akut (ISPA) pada anak. Dibandingkan dengan orang dewasa, anak lebih rentan terkena masalah gangguan pernapasan, terutama anak di bawah usia 5 tahun.

Jangan cemas, ada beberapa cara untuk mencegah flu dan ISPA pada anak.

Cara mencegah flu dan ISPA pada anak

Pernahkah melihat dari atas ketinggian, polusi menghalangi pemandangan yang ada di sekitar Anda. Paparan polusi itu tak hanya terhirup oleh orang dewasa, tetapi juga anak-anak.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, terdapat 93% anak-anak di dunia, di bawah usia 15 tahun, menghirup udara yang tercemar. Ini bisa membahayakan kesehatan dan perkembangan mereka pada masa yang akan datang.

Gangguan pernapasan yang sering terjadi pada anak adalah flu dan ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut). Jika tak mengambil langkah preventif dari sekarang, kegiatan anak dapat terganggu bahkan ia tak bisa berkonsentrasi secara jernih.

Agar anak tetap sehat dan ceria di tengah lingkungan penuh polusi, lakukan upaya preventif dalam mencegah flu dan ISPA pada anak.

1. Minum susu
Agar sistem imunitasnya dapat bekerja dalam menangkal penyakit, beri anak susu setiap hari. Anda bisa memilih susu dengan kandungan LCPUFA (long-chain polyunsaturated fatty acids) dan juga probiotik FOS : GOS 1:9 yang dipatenkan.

LCPUFA merupakan asam lemak omega-3 yang berperan dalam mencegah gangguan pernapasan pada anak dan berfungsi untuk mengoptimalkan perkembangan sistem imun, regulasi sistem imun, dan respon imun tubuh terhadap stimulus.

Sementara itu, prebiotik FOS:GOS 1:9 terbukti klinis mendukung sistem imun terhadap infeksi berdasarkan lebih dari 55 publikasi ilmiah dalam lebih dari 25 tahun penelitian.

Berikan takaran susu sesuai rekomendasi usianya. Dengan mengonsumsi susu ini, tubuh mampu mencegah kuman penyebab gangguan pernapasan, seperti flu dan ISPA pada anak.

2. Ajak anak rutin mencuci tangan
Virus dan bakteri bisa datang dari mana saja. Ia bisa menempel pada tangan dan masuk ke dalam sistem pernapasan begitu saja. Maka itu, coba untuk mencuci tangan 20 detik dengan sabun dan air mengalir. Ajari juga cara mencuci tangan dengan metode yang tepat.

Beritahu kepadanya bahwa penting untuk mencuci tangan setelah ia bermain, sehabis dari luar rumah, ketika tangannya kotor, bertemu teman yang sakit, serta sebelum dan sesudah makan.

3. Selalu aktif berkegiatan
Biarkan anak selalu aktif berkegiatan secara fisik baik indoor maupun outdoor. Dorong ia melakukan aktivitas fisik setiap hari. Aktivitas fisik mampu meningkatkan sistem imun dan mencegah beragam penyakit seperti flu dan ISPA pada anak.

Aktivitas fisik yang bisa dilakukan, seperti berenang, berlari, main sepeda, main sepak bola, dan lainnya.

4. Tidur cukup agar mencegah flu dan ISPA pada anak
Ajak anak untuk cukup tidur. Biasanya anak membutuhkan waktu tidur 9-14 jam sehari, tergantung dari usianya. Ketika anak kurang tidur, sistem imunitasnya bisa menurun dan ia jadi mudah terserang penyakit.

Pastikan anak tidur cukup, sebagai upaya mencegah flu dan ISPA di cuaca yang tidak menentu. Tidur cukup juga mendukung sistem imunitasnya bekerja dengan baik dalam menangkal virus dan bakteri.

5. Konsumsi makanan sehat
Untuk mencegah ISPA dan flu, Anda bisa menyediakan beragam warna buah dan sayur yang mengandung berbagai nutrisi agar anak lebih tertarik. Asupan makanan akan berpengaruh besar dalam meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Pilihlah makanan yang mengandung vitamin C dan D. Keduanya mampu membantu sistem imunitas tubuh dalam melawan infeksi, bakteri, dan virus penyebab penyakit.

6. Hindari keramaian untuk mencegah flu dan ISPA pada anak
Keramaian memudahkan penularan penyakit dari satu orang ke yang lainnya. Untuk meminimalkan penularan penyakit ini, hindari berkunjung ke tempat-tempat seperti supermarket atau mal bersama anak untuk sementara waktu. Bila ingin melakukan aktivitas fisik, Anda dapat melakukannya di rumah atau mencari tempat yang tidak terlalu ramai.

7. Tidak harus berbagi makanan
Tahukah Anda penularan penyakit gangguan pernapasan bisa ditularkan melalui makanan atau minuman. Maka itu, beri pengertian pada anak bahwa berbagi makanan atau minuman bisa membuka kesempatan kuman masuk ke dalam tubuh.

Untuk menangkal flu dan ISPA pada anak, coba tegaskan dan ajarkan kembali untuk tidak berbagi makanan, minuman, atau peralatan makan. Ini dilakukan guna melindungi diri anak dari serangan penyakit.

Ayo berikan perlindungan terbaik untuk daya tahan tubuh si Kecil dari sekarang dan bantu penuhi nutrisinya terutama yang mengandung LCUPA (Omega-3 dan 6) dan prebiotik FOS:GOS 1:9.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

 

Sumber: https://mhs.blog.ui.ac.id/abd.jalil/ini-jadwal-rilis-iphone-baru-di-berbagai-negara/