Bangsa dan Bahasa Mesir Kuno

Bangsa dan Bahasa Mesir Kuno

1. Bangsa
Bangsa Orang Mesir adalah keturunan Ham, tampaknya terutama dari keturunan Mizraim, putra Ham, Setelah penyebaran dari Babel, banyak di antara keturunan Mizraim, seperti Ludim, Anamim, Lehabim, Naftuhim, dan Patrusim, bisa jadi bermigrasi ke Afrika Utara. Berdasarkan lukisan-lukisan kuno dan juga jenazah yang dimumikan, orang Mesir masa awal secara umum digambarkan berperawakan kecil, langsing, dan meskipun tidak termasuk Negroid, berkulit gelap. Akan tetapi, lukisan dan pahatan kuno menunjukkan adanya keragaman penduduk yang cukup besar.

2. Bahasa
Para pakar modern cenderung menggolongkan bahasa Mesir dalam kelompok bahasa ”Semito-Hamitik”. Meskipun bahasa tersebut pada dasarnya Hamitik, menurut beberapa pakar ada banyak persamaan dalam tata bahasanya dengan tata bahasa Semitik, serta beberapa persamaan dalam kosakatanya. Walaupun ada hubungan yang demikian nyata, telah diakui bahwa ”perbedaan bahasa Mesir dengan semua bahasa Semitik jauh lebih banyak dibandingkan dengan perbedaan di antara bahasa-bahasa Semitik itu sendiri, dan setidak-tidaknya sampai hubungannya dengan bahasa-bahasa Afrika diidentifikasikan dengan lebih akurat, bahasa Mesir jelas harus dibedakan dari kelompok bahasa Semitik”.

Kesimpulan

Mesir Kuno terbagi atas dua kerajaan, yang dikenal sebagai Mesir Hulu dan Mesir Hilir.Berlainan dengan kebiasaan, Mesir Hulu (Upper Egypt) terletak di selatan dan Mesir Hilir (Lower Egypt) di utara, dinamakan sungai Nil. Pembagian kerajaan Mesir dibagi menjadi tiga bagian yaitu Kerajaan Mesir Tua (2660 – 2180 SM), Kerajaan Mesir Baru (1570 – 1075 SM), Kerajaan Mesir Tengah (1640 – 1570 SM). Kerajaan Mesir Tua disebut jaman piramida karena pada masa inilah dibangun piramida-piramida terkenal misalnya piramida Sakarah dari Firaun Joser. Piramida di Gheza adalah makam Firaun Cheops, Chifren dan Menkawa.Kerajaan Mesir Tengah dikenal dengan tampilnya Sesotris III.Ia berhasil memulihkan persatuan dan membangun kembali Mesir.  Sesudah diduduki bangsa Hyksos, Mesir memasuki jaman kerajaan baru atau jaman imperium.Disebut jaman imperium karena para Firaun Mesir berhasil merebut wilayah/daerah di Asia barat termasuk Palestina, Funisia dan Syria. Raja-raja yang memerintah jaman Mesir Baru antara lain: Ahmosis I, Thutmosis I,Thutmosis III, Amen Hotep IV Ramses II. Ada beberapa jenis peninggalan pada jaman Mesir Kuno seperti tulisan, kalender, Seni Bangunan (Arsitektur).

https://movistarnext.com/