BUDIDAYA KACANG PANJANG YANG HEMAT BIAYA

BUDIDAYA KACANG PANJANG YANG HEMAT BIAYA

BUDIDAYA KACANG PANJANG YANG HEMAT BIAYABUDIDAYA KACANG PANJANG YANG HEMAT BIAYA

Menanam / budidaya kacang panjang dengan perawatan yang maksimal dapat menghasilkan panen yang melimpah apalagi di saat harganya yang mahal , akan mendapatkan keuntungan yang banyak. Akan tetapi ada cara menanam atau budidaya kacang panjang yang hemat biaya tetapi hasilnya tetap bisa maksimal. Disini akan saya sampaikan cara seperti diatas

Ada pengalaman menanam / budidaya kacang panjang yang hemat biaya namun hasil yang di dapat tetap dapat maksimal yaitu menanam kacang panjang dengan batang jagung (tebon) sebagai media rambatannya , lebih tepatnya tumpang sari pada tanaman jagung tapi tanaman jagung yang sudah tua. Lihat dibawah ini:

Persiapan penanaman kacang panjang .

Pilihlah tanaman jagung yang mempunyai batang yang besar , kokoh dan tinggi dari jenis NK atau Pioner. Selanjutnya bersihkan tanah pada bagaian pangkal batang tanaman jagung yang sudah berumur 70 hst dari rumput / gulma yang ada .lakukan pengemburan disekitar batang dan pembersihan daun tanaman jagung sampai daun pada buah jagung , sehingga terlihat bersih . lihat pada gambardi bawah:

Selanjutnya dilakukan pembubunan atau ipuk ( jawa ) yaitu meletakkan tanah pada batang pada batang tanaman jagung yang nantinya untuk tempat tanam kacang panjang .sebelum pembubunan, beri sedikit pupuk dasar Phonska = 35 kg / ha+ Za = 70 kg/ ha , tambahkan juga bokashi kemudian timbun dengan tanah pembubunan.

Kemudian tanam kacang panjang dilakukan ketika tanaman jagung umur 75 hst . pertama yang dilakukan adalah lakukan pengairan sampai basah merata selang satu hari , tanam kacang panjang dilakukan dengan membuat tugal di dekat batang tanaman jagung jarak 10 cm dari batang, jarak tanam 20 -25 cm, biji kacang panjang di masukkan 2- 3 biji perlubang ,kemudian tutup dengan tanah.

Beberapa hari kemudian atau bila kacang panjang telah tumbuh sekitar 15 hst batang jagung bagaian atas di ikat ( 4 atau 3 batang) menjadi satu agar tambah kuat untuk perambatan kemudian di pangkas daunnya . selanjutnya di pasang tali gawar untuk perambatan tanaman kacang tanah.

Setelah langkah diatas selesai perawatan tanaman di lakukan seperti biasa pada budidaya kacang panjang .

Pemupukan tanaman kacang panjang

Pemupukan dilakukan pada umur 15 hst dengan komposisi : Urea 70 kg / ha , phonska / npk : 105 / ha dan tsp :25 kg/ha ditambah Furadan 14 kg/ ha.

Pemupukan ke 2 , pada umur 30 hari komposisinya : ZA 100 kg / ha , Npk 105 kg / ha ,dan Zk plus 105 kg / ha.

Pemupukan ke 3 dan seterusnya pada umur 45 hst keatas komposissinya : Urea 70 kg / ha , Npk 140 kg / ha .

Cara pemupukan dengan di buatkan tugal di samping batang tanaman dengan jarak 10 � 15 cm , kemudian di tutup kembali setelah pemupukan dan dilakukan pengairan sampai basah merata.

Untuk kebutuhan unsur mikro nya ( boron , fe , zn dll) dapat di berikan dengan dikocorkan atau di semprotkan.

Pengairan tanaman

Pengairan tanaman kacang panjang dapat dilakukan 10 hri sekali dan setelah pemupukan atau apabila tanah terlihat kering.

Pembubunan dan pembersihan gulma

Pembubunan / ipuk ( jawa ) atau menimbun tanah kembali di batang tanaman yang longsor akibat pengairan atau air hujan ,ini dilakukan 2 minggu sekali

Pembersihan gulma , mencabut rumput yang tumbuh di sekitar batang tanaman dilakukan 2 minggu sekali atau bila telah tumbuh.

Perambatan tanaman

Menempatkan jalar / golor tanaman pada tali gawar yang telah di tata agar pertumbuhan batang rapi dan memudahkan dalam perawatan, ini dilakukan mulai umur 15 hst dan selanjutnya 4 hari sekali.

 

Sumber: https://obatpenggemukbadan.id/google-pecat-karyawan-penyebar-memo-anti-keberagaman/