Fungsi

 Fungsi

Vitamin C mempunyai banyak fungsi di dalam tubuh sebagai koenzim atau kofaktor. Asam askorbat adalah bahan yang kuat  kemampuan reduksinya dan bertindak sebagai antioksidan dalam reaksi-reaksi hidroksilasi. Beberapa turunan vitamin C ( seperti asam eritrobik dan askorbik palmitat) digunakan sebagai antioksidan, di dalam industri pangan untuk mencegah proses menjadit engik, perubahan warna ( browning) pada buah-buahan dan untuk mengawetkan daging.

Banyak proses metabolisme dipengaruhi oleh asam askorbat, namun mekanismenya belum diketahui dengan pasti.

  1. Sintesis kolagen
  2. Sintesis karnitin, Serotonin, dll
  3. Absorpsi dan metabolisme besi
  4. Absorpsi kalsium
  5. Mencegah infeksi
  6. Mempertahankan permeabilitas kapiler darah
  7. Mencegah timbulnya hipertensi
  8. Mencegah kanker dan penyakit jantung
  1. Sumber
  2. Sayur-sayuran yang Mengandung Vitamin C

Ada brokoli, kembang kol, kubis, dan paprika merah. Seperti paprika merah

yaitu tanaman sejenis cabai yang mana dulunya ditanam di Amerika. Buahnya yang besar dan warnanya tidak hanya merah, ada hijau dan kuning juga (seperti cabai). Ada yang mengatakan tanaman ini pedas, ada yang tidak tetapi manis. Buah ini bisa dibudidaya dimanapun. Bahkan kandungannya 100 gram paprika merah terkandung 190 miligram vitamin C. Kubis sendiri yaitu sayuran daun yang berbentuk bola. Kubis ini sendiri ditanam di Eropa pertama kali. Kubis sendiri ada 3 macam yang berwarna hijau pucat, hijau segar, dan keunguan. Dan banyak dibudidaya di daerah perbukitan atau pegunungan. Karena jika ditanam di dataran rendah, daun kubis tidak dapat berkembang maksimal dan mudah terserang penyakit.

Kubis sendiri dapat mencegah sariawan karena kandungan vitamin C dalam kubis 100 gram adalah 161 miligram vitamin C. Lalu ada juga brokoli yaitu tanaman sayuran yang termasuk kubis-kubisan dan sudah sejak lama di daerah laut Tengah dan masuk ke Indonesia setelah masa penjajahan. Brokoli ini murni hidup di cuaca yang dingin. Kemudian warnanya hanya satu yaitu hijau dan mirip dengan bunga kol. Brokoli yang baik dalam satu sajian sekitar 140 gram brokoli mengandung sekitar 130 miligram vitamin C. Nah, sekarang sudah paham kan sayuran apa saja yang mengandung vitamin C, sehingga kebutuhan vitamin C alami anda tidak hanya dari buah jeruk saja.

 

Sumber :

https://finbarroreilly.com/