Jangan Takut Makan Malam

Tak sedikit orang yang menghindari makan malam karena takut bertambah berat badannya. Padahal, makan pada waktu yang tepat memberikan banyak manfaat kesehatan. Makan malam lebih awal juga dapat membantu membakar lemak dan mengontrol gula darah, menurut sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan oleh Endocrine Society. Jadi kapan waktu terbaik untuk makan malam dan apa manfaatnya?

Efek makan malam

Studi sebelumnya menunjukkan bahwa makan lebih lama dapat meningkatkan berat badan dan gula darah. Efek-efek ini juga dapat muncul jika Anda makan yang biasanya dikonsumsi.

Dilengkapi dengan ini, banyak peneliti di Universitas Johns Hopkins mencari tahu apakah makan malam sudah terlambat dan mempengaruhi metabolisme dan memperburuk obesitas. Mereka juga melihat efek makan lebih awal.

Penelitian ini dilakukan pada sepuluh pria sehat dan sepuluh wanita sehat. Dia disuruh makan pada jam 10 pagi, bukan jam 6 sore, seperti yang disarankan. Semua peserta pergi tidur jam sebelas malam.

Menurut hasil penelitian, makan siang meningkatkan gula darah dan mengurangi jumlah lemak modal. Bahkan, mereka mengonsumsi makanan yang biasanya dimakan untuk makan malam.

Rata-rata, kadar gula darah partisipan berkurang 20 persen dan kadar lemaknya turun 10 persen dibandingkan peserta pertama. Para peneliti juga menemukan bahwa waktu makan malam memengaruhi metabolisme.

Kapan kamu harus makan malam?

Meskipun makan malam memengaruhi laju metabolisme Anda, itu tidak berarti bahwa Anda harus menghindarinya. Penelitian dari Johns Hopkins University menunjukkan bahwa makanan tetap bermanfaat selama dilakukan pada waktu yang tepat.

Sebelum memutuskan waktu makan yang tepat, pastikan Anda mengikuti jadwal makan yang teratur. Waktu makan malam harus mengikuti makan sebelumnya. Jadi ada jarak yang pasti antara makan siang dan makan malam.

Halaman depan Northwest Medicine, waktu makan malam tidak boleh melebihi 4-5 jam setelah makan siang. Jika Anda makan siang pada pukul satu siang, itu berarti Anda bisa makan malam lebih awal pada pukul 02.00 di malam hari.

Perhatikan porsi makanan di setiap makan. Cobalah untuk tidak makan terlalu banyak, tetapi jangan terlalu sedikit. Kebanyakan orang makan banyak di malam hari karena mereka tidak makan dengan benar di siang hari.

Anda akan merasa lapar di antara dua kali makan. Untuk menjaga perut lapar, buatlah camilan sehat yang kaya serat yang akan membuat Anda kenyang lebih lama. Anda dapat sarapan setiap 10 pagi, 3 sore Dan beberapa jam sebelum tidur.

Jika Anda dipaksa makan larut malam, Anda harus menghindari makan lebih dari 10 di malam hari. Biarkan istirahat tiga jam saat makan malam dan waktu tidur. Ini karena makan malam sebelum tidur dapat mengubah kualitas tidur Anda.

Makanan terbaik untuk makan malam

Hal-hal yang membuat salad tidak sehat
Selain mengikuti waktu makan malam awal, Anda juga harus memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Beberapa hidangan rendah kalori, tetapi bisa lapar di tengah malam.

Berikut beberapa resep hebat untuk mengisi makan malam Anda:

1. Salad
Salad tidak hanya rendah kalori, tetapi juga kaya serat, vitamin dan mineral. Serat akan memberikan rasa kenyang untuk waktu yang lama, membuatnya bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Namun, pastikan untuk tidak menyalahgunakan saus atau saus.

2. Ayam, daging, dan telur.
Sumber protein seperti ayam, daging dan telur akan membuat Anda kenyang, efeknya bahkan lebih lama dari nasi putih dan makanan berlemak tinggi. Selain itu, makan malam protein juga mencegah Anda makan camilan tidak sehat.

3. Biji-bijian utuh
Biji-bijian utuh seperti oatmeal, beras merah, dan roti gandum merupakan sumber serat terbaik. Serat di dalamnya akan memberi Anda rasa kenyang, membantu Anda menurunkan berat badan dan mengontrol kadar gula darah Anda.

4. Pasta
Pasta bisa menjadi hidangan yang sempurna untuk melengkapi hari Anda. Hidangan ini mengandung karbohidrat, lemak, dan protein. Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain sesuai selera untuk menjadikannya hidangan yang lebih sehat.

Makan malam dapat memengaruhi metabolisme, berat badan, dan kadar gula darah. Efeknya bervariasi tergantung pada kebiasaan Anda. Untuk menuai manfaat makan malam, kuncinya adalah makan lebih awal dan memilih makanan sehat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak memberikan saran medis, diagnosa atau perawatan. Silakan lihat halaman Kebijakan Editorial kami untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: