Manfaat Jamur Cordyceps Militaris

Jamur Cordyceps adalah jenis jamur yang memiliki banyak manfaat. Mungkin sebagian dari Anda belum pernah mendengar jamur ini. Namun, dalam pengobatan tradisional, jamur ini telah lama digunakan. Ada sekitar 400 spesies jamur Cordyceps dan sebagian besar berasal dari Bhutan, Cina, Korea, Nepal, Thailand, dan Vietnam. Salah satu jenis yang paling banyak digunakan adalah militer Cordyceps. Selain minum langsung, Cordyceps diproses menjadi ekstrak dan dapat ditemukan dalam suplemen kesehatan. Lalu apa manfaat dari jamur ini?

Manfaat luar biasa dari jamur militer Cordyceps yang perlu Anda ketahui
Dari 400 spesies cordyceps, dua di antaranya telah menjadi fokus utama dari serangkaian penelitian. Idealnya mereka adalah Cordyceps sinensis dan militer Cordyceps.

Secara umum, militer Cordyceps banyak digunakan oleh banyak orang karena lebih terjangkau tetapi memiliki manfaat dan kualitas yang sama.

Juga, berikut ini beberapa manfaat kardiosep yang mungkin Anda perlukan untuk menjaga kesehatan:

1. Meningkatkan sistem kekebalan atau kekebalan tubuh

Seperti disebutkan di atas, Cordyceps dapat membantu melindungi Anda dari penyakit yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, menurut tinjauan ilmiah yang dilakukan pada tahun 2017, jamur ini juga bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh karena dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengobatan penyakit seperti radang sendi, HIV dan penyakit Crohn.

Studi lain pada tahun 2015 juga menemukan bahwa host Cordyceps dapat secara efektif meningkatkan pertahanan tubuh terhadap patogen (sel yang terinfeksi virus atau bakteri) dan racun. Selanjutnya, penelitian ini menemukan bahwa jamur ini aman untuk dikonsumsi.

2. Membantu meningkatkan metabolisme selama aktivitas fisik

Penelitian di Xinjiang Medical College telah menunjukkan bahwa cordyceps dapat meningkatkan produksi molekul adenosine triphosphate (ATP) dalam tubuh, yang penting dalam mendistribusikan sekresi saluran ke semua otot. Jika otot Anda mendapatkan energi yang dibutuhkan saat bekerja, daya tahan dapat meningkat saat Anda bergerak.

Ketika produksi molekul ATP meningkat, tubuh lebih efektif dalam menggunakan oksigen oksigen, terutama ketika melakukan aktivitas fisik, misalnya saat berolahraga.

3. Host Cordyceps dapat digunakan untuk mengurangi reaksi inflamasi

Karena Cordyceps adalah protein dasar dari jamur militer, penelitian telah menunjukkan bahwa ketika Cordyceps memasuki sel-sel tubuh, itu adalah protein yang meningkatkan peradangan di dalam tubuh. Namun, efek anti-inflamasi jamur telah diselidiki lebih lanjut.

Studi lain yang meneliti manfaat Cordyceps sebagai antioksidan telah menemukan bahwa jamur ini dapat secara efektif mengobati penyakit terkait kekebalan tubuh. Efek terapi Cordyceps juga dapat menekan penyakit autoimun dan alergi.

4. Mengurangi risiko penyakit saluran pernapasan

Satu studi menemukan bahwa membersihkan permukaan saluran pernapasan dapat meningkatkan hidrasi host Cordyceps dan salah satu komponennya, Cordycepin, sambil melepaskan air liur. Ini dapat memengaruhi pencegahan berbagai penyakit pada saluran pernapasan, seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronis (yang menyulitkan orang untuk bernapas).

Selain itu, banyak penelitian telah menemukan bahwa jamur ini juga dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker, salah satunya adalah kanker paru-paru.

Mungkin banyak orang tidak menganggap suplemen jamur ini untuk membantu menjaga kesehatan. Namun, dengan manfaat yang diberikan oleh jamur Cordyceps, ekstrak jamur ini harus dimasukkan dalam salah satu opsi suplemen sebagai sumber antioksidan.

Selain itu, jamur ini dapat membantu merangsang sistem kekebalan atau sistem kekebalan tubuh, serta melindungi terhadap masalah kesehatan pada saluran pernapasan, seperti penyakit paru-paru. Tentara Cordyceps dapat menjadi alternatif yang aman untuk obat herbal atau perawatan kesehatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak memberikan saran medis, diagnosa atau perawatan. Silakan lihat halaman Kebijakan Editorial kami untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: