Metode Kontemporer

Metode Kontemporer

  1. Responsi Fisik Total

Pendekatan ini didasarkan pada keyakinan bahwa pemahaman menyimak haruslah dikembangkan secara penuh, seperti halnya dengan anak-anak belajar bahasa ibu mereka, sebelum ada partisipasi lisan aktif dari para siswa yang dapat diharapkan. (Tarigan, 1986:247). Metode Responsi Fisik Total atau Total Physical Response (TPR) (Asher, 1982) menggunakan perintah-perintah lisan yang harus dilakukan siswa agar dapat menunjukkan pemahaman mereka terhadap maksud dari perintah-perintah lisan itu. Guru memberikan contoh gerakan atau tindakan yang diperintahkan itu sehingga siswa secara tidak langsung mendapatkan struktur tatabahasa dan kosakata dari bahasa target (Ghazali, 2010:97).

Asher (dikutip Tarigan, 1986:247-248) merangkumkan tiga gagasan utama yang mendasari metode Responsi Fisik Total sebagai berikut:

  1. pemahaman bahasa lisan haruslah dikembangkan dalam berbicara;
  2. pemahaman dan ingatan diperoleh dengan baik melalui gerakan tubuh;
  3. para siswa hendaknya tidak pernah dipaksa berbicara sebelum mereka siap.

Metode ini mempunyai potensi yang sangat besar untuk mengaktifkan para siswa karena situasi dalam kelas memang hidup memberi kesempatan pada siswa untuk mengujicobakan keterampilan mereka dengan cara yang kreatif.

 

Sumber :

https://finbarroreilly.com/google-assistant-hadir-di-feature-phone/