Pengertian Perdagangan Internasional 

Pengertian Perdagangan Internasional 

           Perdagangan         internasional      adalah      kegiatan      tukar  menukar   atau   perdagangan   barang   atau   jasa   yang  dilakukan   antara   individu   dengan   individu,   individu  dengan      pemerintah,        atau    pemerintah        dari    suatu       negara  dengan  pemerintah  negara  yang  lain  di  pasar    dunia  atau  global.  Skema  perdagangan  internasional    dapat digambarkan sebagai berikut.

  1. 2.Manfaat Perdagangan Internasional
  2.     Sumber Devisa

                Jika    kita    mengekspor         suatu      komoditi,       kita    mendapat mata uang asing seperti dolar, yen atau mata uang yang lainnya. Mata uang asing ini  disebut devisa. Devisa dapat digunakan untuk, misalnya, mengimpor barang modal dan konsumsi.

  1.    Perluasan Kesempatan Kerja

                Perdagangan  internasional,  terutama  kegiatan  ekspor,  memberi  kesempatan  untuk  memperluas kesempatan kerja karena untuk menghasilkan barang yang diekspor, dibutuhkan tenaga kerja.

  1.    Stabilisasi Harga

                Jika  harga  suatu  jenis  barang  dalam  negeri  mahal  atau  jumlahnya  kurang  dan  tidak  memenuhi  permintaan pasar, maka barang tersebut harus diimpor. Dengan adanya impor, harga barang jenis   tersebut akan stabil dan permintaan pun d apat terpenuhi.

  1.    Peningkatan Kualitas Konsumsi

                Melalui  perdagangan  internasional,  penduduk  dapat  membeli  barang-barang  yang  belum  dapat dihasilkan   di   dalam   negeri   atau   mutunya   belum   sebaik   produk   luar   negeri.   Perdagangan  internasional  dapat  memacu  industri  dalam  negeri  untuk  meningkatkan  kualitas  produk  yang  dihasilkan agar dapat bersaing di pasar internasional.

  1.    Percepatan Alih Teknologi

                Untuk menggunakan barang-barang yang diimpor dari luar negeri, dibutuhkan pengetahuan atau  keterampilan tertentu sehingga perlu pelatihan atau bimbingan. Hal seperti itu akan mempercepat       alih teknologi. Alih teknologi memungkinkan suatu negara untuk mempelajari teknik produksi yang  lebih modern.

  1.     Memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi di negeri sendiri.

                Banyak  faktor  yang  mempengaruhi  perbedaan  hasil  produksi  di  setiap  negara,              misalnya  : kondisi  geografis,  iklim,  tingkat  penguasaan  IPTEK.  Dengan  adanya  perdagangan  internasional,  setiap negara mampu memenuhi kebutuhan yang tidak diproduksi sendiri.

  1.    Memperoleh keuntungan dari spesialisasi.

                Sebab  utama  kegiatan  perdagangan  luar  negeri  adalah  untuk  memperoleh  keuntungan yang  diwujudkan oleh spesialisasi. Walaupun suatu negara dapat memproduksi suatu barang yang sama  jenisnya dengan yang diproduksi negara lain, tapi ada kalanya lebih baik apabila negara tersebut  mengimpor  barang  dari  luar  negeri.  Dengan  mengadakan  spesialisasi  dan  perdagangan,  setiap  negara dapat memperoleh keuntungan sebagai berikut

  •        Faktor-faktor produksi yang dimiliki setiap negara dapat digunakan dengan lebih efisien.
  •     Setiap negara dapat lebih menikmati lebih banyak barang dari yang dapat diproduksi di dalam  negeri.
  1.    Memperluas pasar dan menambah keuntungan.

   Dengan adanya perdagangan internasional, pengusaha dapat menjalankan mesin-mesinnya tanpa   takut kelebihan produksi karena dapat menjual ke luar negeri.

 

https://9apps.id/