Prinsip Dasar

   Prinsip Dasar

Adapun prinsip-prinsip dasar dalam mengenai suatu keadaan darurat tersebut diantaranya:

  1. Pastikan Anda bukan menjadi korban berikutnya.
  2. Pakailah metode atau cara pertolongan yang cepat, mudah dan efesien. Hindarkan sikap sok pahlawan.
  3. Biasakan membuat catatan tentang usaha-usaha pertolongan yang telah Anda lakukan, identitas korban, tempat dan waktu kejadian, Catatan berguna bila penderita mendapat rujukan .
  1. Sistematika Pertolongan Pertama

Secara umum urutan Pertolongan Pertama pada korban kecelakaan adalah :

  1. jangan panic berlakulah cekatan tetapi tetap tenang.
  2. jauhkan atau hindarkan korban dari kecelakaan berikutnya.
  3. perhatikan pernafasan dan denyut jantung korban, bila pernafasan penderita berhenti segera kerjakan pernafasan bantuan.
  4. Pendarahan.
    Pendarahan yang keluar pembuluh darah besar dapat membawa kematian dalam waktu 3 sampai 5 menit. Dengan menggunakan saputangan atau kain yang bersih tekan tempat pendarahan kuat-kuat kemudian ikatlah saputangan tadi dengan dasi, baju, ikat pinggang, atau apapun juga agar saputangan tersebut menekan luka-luka itu. Kalau lokasi luka memungkinkan, letakkan bagian pendarahan lebih tinggi dari bagian tubuh.
  1. perhatikan tanda-tanda shock.

Korban-korban ditelentangkan dengan bagian kepala lebih rendah dari letak anggota tubuh yang lain. Apabila korban muntah-muntah dalm keadaan setengah sadar, baringankan telungkup dengan letak kepala lebih rendah dari bagian tubuh yang lainnya. Cara ini juga dilakukan untuk korban-korban yang dikhawatirkan akan tersedak muntahan, darah, atau air dalam paru-parunya. Apabila penderita mengalami cidera di dada dan penderita sesak nafas (tapi masih sadar) letakkan dalam posisi seten

Sumber :

https://wisatalembang.co.id/xiaomi-berencana-tambah-layanan-purnajual/