Strategi bagi Internasional Follower

Strategi bagi Internasional Follower

Strategi bagi Internasional FollowerStrategi bagi Internasional Follower

Pengikut pasar merupakan salah satu target utama serangan dari penantang.
Pengikut pasar dapat klasifikasikan ke dalam 3 jenis:

  1. Cloner meniru secara langsung produk, distribusi, periklanan, dankebijakan pemasaran lainnya.
  2. Imitator meniru  beberapa aspek dari  pemimpin  pasar,tetapi tetap berusaha melakukan diferensiasi  dalam hal pengemasan,penetapan periklanan.
  3. Adaptor berusaha mengembangkan produk & program pemasaran pemimpim pasar.

Secara garis besar, strategi pengikut pasar internsional dikategorikan menjadi 4 macam yaitu:

  1. Imitation ( Pengikut pasar menawarkan Produk yang sama dengan harga lebih murah).
  2. Adding features (fitur tambahan untuk diferensasi.)
  3. Stripping down (mengurangi fitur tertentu).
  4. Flanking (Perpaduan  pada Stripping down  dan Adding features agar mengembangkan produk yang cocok bagi segmen pasar kecil).

  1. Strategi bagi Internasional Niche Firm.

Merupakan perusahan yang produk atau jasanya secara khusus di tujukan untuk memuaskan pasar yang spesifik. Ide dasar ceruk pasar adalah spesialisasi berdasarkan pasar, pelanggan, produk, atau lini bauran pemasaran. Penceruk pasar sebaiknya mencari satu atau lebih ceruk pasar yang aman dan menguntungkan. Pada Gambar.2 terdapat gambaran yang menerangkan tentang  profil kompetetif penceruk pasar.

RECENT POSTS