Strategi bagi Internasional Market Leader

Strategi bagi Internasional Market Leader

   Secara garis besar, strategi pemimpin pasar internasional meliputi 3 bentuk yaitu sbb:

  1. Memperluas pasar keseluruhan

Yaitu dimana pemimpin pasar meraih keuntungan terbesar dari peningkatan pasar atau permintaan total dengan cara mencari pemakai baru,mengupayakan pemanfaatan baru, dan meningkatkan frekuensi pemakain produk.

  1. Melindungi pangsa pasar

Yaitu pemimpin berupaya meningkatkan besarnya ukuran pasar dan berusaha melindungi bisnis yang sudah ada di pasar luar negeri dari segala kemungkinan serangan para pesaing. Ada 6 strategi yang diterapkan pemimpin  pasar dalam rangka melindungi  pangsa pasarnya:

  1. Position defense

merupakan bentuk pertahanan paling besar dimana perusahaan membangun pertahanan atau perlindungan atas posisi saat ini.

  1. Flanking defense

Merupakan dimana pimpinan pasar melindungi titik-titik lemahnya.

  1. Pre-emptive defense

Merupakan strategi pimpinan pasar menyerang pesaing sebelum mereka melakukan tindakan strategi negative yang berdampak pada posisi kompetitif pimpinan pasar tersebut.

  1. Counter offensive defense

Merupakan strategi pimpinan pasar memilih menyerang balik secepat mungkin atau “wait and see” sebelum membalas serangan pesaing.

  1. Mobile defense

Merupakan strategi mempertahankan posisi pasar saat ini secara agresif.

  1. Contraction defence

Merupakan strategi dimana perusahaan memilih untuk lepas posisi yang lemah dan mengkonsentrasikan sumber dayanya pada posisi yang lebih kuat.

3).   Meningkatkan pangsa pasar

Yaitu dimana pemimpin pasar bisa berkembang  dengan cara  meningkat kanpangsa pasarnya.


  1. Strategi bagi Internasional Challenger

Penantang pasar internasional perlu memutuskan 3 kebijakan strategic yaitu sbb: Pertama ,tujuan strategic harus ditetapkan  dengan cermat, Kedua,penantang pasar harus memilih pesaing yang ingin ditantang, Ketiga,penantang pasar harus memilih strategi penyerangan yang tepat.

Pemilihan strategi tersebut harus mempertimbangkan kondisi politik dan peraturan dinegara tujuan pemasaran, struktur distribusi, dan loyalitas konsumen dinegara masing-masing Negara.

  1. frontal attack dimana strategi ini, penantang pasar berusaha menyamai produk, periklanan, harga, dan distribusi pesaing yang dijadikan target penyerangan.
  2. Flanking attack dimana strategi ini, penantang pasar justru berusaha menyerang titik-titik lemah pesaingnya.
  3. Encirclement attack dimana strategi ini,mencakup serangan dari semua arah, sehingga pesaing harus melindungi dirinya pada semua sudut secara simultan.
  4. Bypass attack merupakan strategi tidak langsung. Dimana penantang pasar menghindari pesaing dan mengincar pasar yang lebih mudah dilayani.
  5. Guerrilla attack dimana strategi ini cocok bagi penantang pasar yang lebih kecil atau kurang kuat dananya. Penantang ini melakukan serangan kecil-kecilan secara periodic untuk melemahkan mental pesaing, dengan harapan perlahan tapi pasti dapat mengembangkan panji secara permanen

Sumber :

https://youtubers.id/tembus-200-juta-unduhan-super-mario-run-tidak-menguntungkan/