Tujuan dari IMC

Tujuan dari IMC

Tujuan yang ingin dicapai IMC adalah untuk memengaruhi masyarakat dengan elemen promosinya sampai ke tingkat kognisi, affeksi, dan konasi. Elemen promosi yang digunakan terbagi atas soft sell dan hard sell.

Soft sell berupa advertising, public relation, CSR, interactive marketing yang bertujuan untuk memengaruhi konsumen ke tingkat kognisi dan affeksi. Sedangkan, hardsell berupa personal selling, direct marketing, sales promotion untuk memengaruhi konsumen ke tingkat konasi.

Tahapan Evolusi IMC

Koodinasi taktis santo

Meliputi pengkombinasian komunikasi interpersonal dan cross-functional sebagai elemen promosi. Mampu melihat tujuan secara spesifik yang disesuaikan dengan tools penjualannya.

Mendefinisikan Ruang Lingkup Marketing Komunikasi

Meliputi perluasan elemen komunikasi, memberikan informasi kepada pelanggan, dan mengevaluasi feedback.

Mengaplikasikan teknologi informasi

Memanfaatkan teknologi informasi dengan membuat database manajemen untuk mengelola hubungan dengan konsumen.

Integrasi Strategik dan Keuangan

Menyelaraskan program komunikasi dengan program keuangan dan memperkirakan Return on Customer Investment (aliran dana masuk dari konsumen).

Strategi IMC
Target market vs target audience

Target market merupakan siapa yang mengonsumsi produk kita. Target audience merupakan siapa yang menjadi sasaran program komunikasi. Contoh : Produk Susu Formula Bayi ->Target Market : Bayi -> Target Audience: Orang Tua si Bayi.

Message Strategy

Meliputi konsep, penetrasi pesan (pendekatan dan daya tarik), serta eksekusi pesan.

Media strategy

Kombinasi penggunaan media massa, interpersonal, dan interaktif.

Line Elements

Meliputi soft-sell dan hard-sell.

Budget

Top-down atau bottom-up.

Proses Perencanaan IMC

Dalam melaksanakan IMC, perlu merencanakan 5 hal sebagai berikut

Mengidentifikasi konsumen dan kemajuan.
Memperkirakan konsumen dan nilai kemajuan.
Merencanakan pesan komunikasi.
Memperkirakan aliran dana masuk dari konsumen.
Mengadakan evaluasi setelah membeli dan analisis masa depan akan permintaan konsumen terhadap produk.

 

Baca juga: