Vision, Strategy, and Tactics

Vision, Strategy, and Tactics

Visi yang jelas, strategi jangka panjang dan taktik jangka pendek merupakan pondasi di mana perusahaan akan berhasil memiliki proses bisnis yang tidak hanya efisien, tetapi juga efektif. Simak salah satu visi dan misi  anak perusahaan Bakrie ini:

“To Be the Number One and Most Admired Integrated Agro-Business Company in Indonesia.” (Menjadi Perusahaan Agro Nomor Satu dan Paling Dikagumi di Indonesia)

Menurut saya, sudah seharusnya kata “di Indonesia” dirubah menjadi “di Dunia” –Investasi terhadap sumber daya manusia maupun infrastruktur pendukung tidak akan sia-sia kalau visi dan tujuannya jelas. Tentu saja harus dengan proses bisnis yang benar, produk/jasa kualitasnya terjaga dengan harga yang kompetitif dan mampu diterima oleh pasar.

  1. Think Globally, Feel Locally

Jika kita ingin bersaing di pasar dunia, kuncinya adalah dengan mengadopsi manajemen global, belajar dari perusahaan multi-nasional, sehingga standarnya adalah standar kelas dunia, namun juga harus menghadirkan karakter yang sesuai dengan karakter lokal. Karena tanpa kemampuan adaptasi untuk memahami karakter unik lokal, baik customer ataupun pola bisnis, perusahaan kelas dunia tidak akan mampu memenangkan pasar. KFC, McDonald sudah melakukan hal tersebut dalam melakukan pengembangan produk-produk dan servisnya, Bakrie & Brothers juga harus melakukan hal sama, bukankah sukses itu bisa ditiru?

RECENT POSTS