Perbedaan Telur Ayam Kampung Dan Negeri

Perbedaan Telur Ayam Kampung Dan Negeri

Perbedaan Telur Ayam Kampung Dan NegeriPerbedaan Telur Ayam Kampung Dan Negeri

Kita pasti sering mengkonsumsi telur dari hewan ayam ini, sudah menjadi hal yang biasa ketika kita mengkonsumsi telur ayam. Apalagi pas sarapan, pasti akan lebih sering mengkonsumsi telur ayam, entah di goreng dengan dadar atau mata sapi, bahkan jika ingin lebih sehat biasanya di rebus. Cocok digunakan untuk lauk nasi ataupun roti, bahkan tidak hanya waktu sarapan saja, waktu makan siang dan malam juga bisa mengkonsumsi telur. Yang biasa kita kenal di Indonesia ini ada dua jenis telur ayam yaitu telur ayam negeri atau telur ayam kampung. Dimana kalau ayam kampung biasnya ayam yang diternak dengan cara di liarkan disekitar sehingga mereka memakan makanan sekitar seperti biji bijian, serangga, cacing dan lainnya, sedangkan ayam negeri yaitu ayam yang di kurung dalam kandang dan di berikan makanan tertentu. Namun perlu kita ketahui tentang perbedaan dari hasil kedua ayam tersebut yaitu telurnya.
Inilah beberapa perbedaan dari telur ayam kampung dan negeri.

Warna dan Besar Telur

Warna telur ayam kampung lebih ke putih dan sedikit krem kekuning – kuningan, sedangkan telur ayam negeri memiliki warna yang sedikit cokelat dan sedikit kasar. Ukuran dari kedua telur ini juga berbeda, telur ayam kampung memiliki ukuran yang lebih kecil sedangkan telur ayam negeri memiliki ukuran yang lebih besar. Kuning telur yang ada di dalam telur ayam kampung memiliki warna oranye, sednagkan telur ayam negeri memilki warna yang kuning cerah.

Kandungan Nutrisi
Kandungan didalam kedua telur ini ternyata juga berbeda, walaupuan dari ayam namun tetap ayam nya juga jenis yang berbeda. Kandungan protein dan karbohidrat pada telur ayam kampung ebih besar dibandingkan dengan telur ayam negeri.

Maka dari itu beberapa orang menyimpulkan bahwa telur ayam kampung lebih sehat dibandingkan dengan telur ayam negeri, sehingga telur ayam kampung biasanya di gunakan sebagai tambahan jamu tradisional. Sedangkan yang biasanya dikonsumsi seperti digoreng atau direbus adalah telur ayam negeri. Dengan begitu harga dari telur ayam kampung lebih mahal dibandingkan dengan telur ayam negeri.

Dan itulah beberapa hal perbedaan tentang telur ayam kampung dang telur ayam negeri, dan semoga bermanfaat untuk menambah ilmu pada kita, terimakasih.

Sumber: https://montir.co.id/