Perbedaan Aktiva dan Pasiva

Dalam konsep dasar akuntansi terdapat istilah aset dan kata sandi yang perlu dipahami. Banyak pihak yang memiliki keterkaitan antara kedua hal tersebut perlu lebih didalami agar tidak merubah komponen aset dan paspor yang juga termasuk urusan bisnis perusahaan. Perbedaan antara aset dan tanggung jawab dalam akuntansi adalah sebagai berikut.

1. Pengertian Aktiva dan Pasiva

Aset atau properti adalah sumber daya ekonomi perusahaan untuk melakukan kegiatan operasional yang tunduk pada biaya transaksi sebelumnya dan keuntungan masa depan. Kekayaan suatu perusahaan berupa likuiditas (likuiditas) yang meliputi aktiva tetap, investasi jangka panjang, aktiva tetap, aktiva tidak ada, dan aktiva lainnya. Rumus properti adalah H (properti) = U (hutang) + M (modal).

Pasiva setiap pengorbanan ekonomi yang harus dilakukan perusahaan di masa depan. Pengorbanan tersebut menjadi rasa kewajiban dalam akuntansi yang mencakup hutang lancar dan hutang jangka panjang. Pasiva (tanggung jawab) sesuai dengan periode atau umur jangka panjang (tanggung jawab saat ini) dan jangka panjang (tanggung jawab jangka panjang).

2. Jenis Aktiva dan Pasiva

Jenis aset berikut adalah umum dalam contoh persamaan akuntansi dasar.

Aktiva Halus (Aktiva Lancar)
Aktiva lancar ini dapat dilikuidasi (diterbitkan) tidak lebih dari 1 tahun atau selama 1 siklus akuntansi. Kas lancar (kas) aset, sekuritas (surat berharga), piutang usaha (piutang), piutang piutang (piutang), pembayaran kembali hutang atau pendapatan (pendapatan dibayar), sekolah atau biaya dibayar dimuka (biaya prabayar), peralatan (perlengkapan ), dan merchandise (inventaris merchandise).

Investasi Jangka Panjang (Long Term Investment)
Investasi jangka panjang adalah berinvestasi di perusahaan dalam jangka panjang dan menghasilkan keuntungan perusahaan.

Aset Tetap (Aset Tetap)
Aset tetap dimiliki oleh perusahaan dengan umur ekonomi tertentu, yaitu lebih dari satu tahun yang dapat digunakan untuk kegiatan operasional dan tidak untuk dijual. Contoh aset tetap antara lain tanah (tanah), ruko atau gedung (gedung), mesin (mesin), perlengkapan toko (perlengkapan toko), perlengkapan transportasi (perlengkapan perkapalan), dan perlengkapan kantor (perlengkapan kantor).

Aset Tetap (Aset Tetap)
Aset ini adalah hak istimewa yang dimiliki oleh perusahaan dengan nilai tertentu, tidak memiliki bentuk fisik. Aset tetap utuh termasuk manfaat, paten, hak cipta, merek dagang, sewa guna, dan waralaba.

Dikutip dari blog.malavida.co.id Jenis kata sandinya adalah sebagai berikut.

Utang jangka pendek
Hutang jangka pendek memiliki masa hubungan satu tahun yang harus segera dilunasi. Jenis hutang jangka pendek antara lain hutang atau hutang tagihan, hutang dagang (hutang dagang), hutang biaya, hutang jangka panjang, dan modal (modal). Modal berasal dari selisih atau nilai aset dan kewajiban yang diperoleh entitas perusahaan.