Bisakah Saya Menghasilkan Bokeh Dengan Ponsel Kamera Saya?

Masih ada kebingungan antara Bokeh dan depth of field. Kami akan menjelaskan ini kepada Anda di artikel. Tapi pertama-tama, kami menjawab pertanyaan apakah Anda dapat membuat efek Bokeh dengan ponsel cerdas Anda atau tidak.

Anda dapat mengakses Bokeh dengan telepon kamera Anda. Beberapa kamera menggunakan lensa ganda untuk mengambil gambar seperti itu. Ponsel cerdas lain memerlukan aplikasi untuk mengaplikasikan Bokeh setelah mengambil gambar.

Senang mengetahuinya, bukan? Jadi, bagaimana Anda melakukannya? Ikuti langkah-langkah ini selangkah demi selangkah dan Anda akan mendapatkan hasil yang luar biasa. Kami akan menunjukkan cara meniru Bokeh. Ini bekerja sedikit berbeda dari DSLR, di mana apertur, panjang fokus, dan jarak antara fotografer dan subjek adalah tiga komponen efek ini.

Bagaimana cara merekam Bokeh dengan ponsel saya?

Berbagai pengaturan ponsel dapat membantu Anda mencapai kedalaman nada yang dangkal dan efek bokeh yang indah. Ponsel baru dengan kamera ganda (atau banyak) dapat meniru hasil menggunakan dua atau lebih lensa berbeda. Tapi Anda bisa mendapatkan Bokeh dengan kamera, dengan atau tanpa aplikasi pihak ketiga. Benamkan diri Anda dalam dunia magis Bokeh.

Efek Bokeh dengan ponsel ganda

Ponsel cerdas kamera ganda tidak menghasilkan efek Bokeh yang signifikan, setidaknya bukan DSLR atau kamera cermin. Ponsel memiliki lensa dan sensor kecil. Mereka tidak dapat menghubungkan perangkat keras besar untuk mendapatkan hasil yang sama. Oleh karena itu, smartphone sebaiknya menggunakan software untuk mensimulasikan efek Bokeh. Ponsel ganda atau multi-kamera mengambil banyak gambar dengan pengaturan berbeda dan menggabungkannya menjadi satu.

Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat mengambil gambar yang bagus dengan kedalaman nada yang dangkal. Anda juga dapat menggunakannya dengan ponsel kamera tunggal.

1. Pilih Bukaan Besar
Jika smartphone Anda memiliki pengaturan manual, Anda dapat mengatur aperture. Temukan mode Aperture, Manual, atau Pro; pengaturan ini dapat membantu Anda mengakses Bokeh dengan telepon Anda. Anda harus memilih bukaan besar (angka kecil), seperti F / 2.8 atau lebih rendah. Bukaan yang besar ini menghasilkan kedalaman bidang yang indah.

2. Gunakan mode Potret
Beberapa kamera dalam mode potret, yang memungkinkan Anda mengambil gambar dengan kedalaman nada yang dangkal.

3. Topik zoom
Memperbesar item dan menambah jarak antara objek dan latar belakang.

DoF Zoom pada topik

4. Gunakan aplikasi Efek Bokeh
Jika Anda tidak dapat mencapai kedalaman lapangan yang dangkal dengan kualitas Bokeh yang lembut dan halus, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Baca juga: