Manfaat Kesehatan dari Sup Tomat

Tomat mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan senyawa tanaman yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

Penelitian bahkan telah menunjukkan bahwa nutrisi ini dapat melindungi dari berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung dan kanker (1).

Oleh karena itu, menikmati sup tomat bisa menjadi metode yang enak untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari tomat. Saat cuaca berkeringat, Anda dapat menikmati semangkuk sup dan gazpacho yang menyegarkan di musim panas.

Manfaat sup tomat berbasis sains

1. Sangat bergizi

Tomat (Solanum lycopersicum) rendah kalori tetapi mengandung nutrisi yang berguna dan senyawa tanaman.

Berikut ini adalah profil nutrisi besar tomat mentah (182 gram) (2):

Kalori: 33
Karbohidrat: 7 gram
Rost: 2 gram
Protein: 1,6 gram
Lemak: 0,4 gram
Vitamin C: 28% dari nilai harian
Vitamin K: 12% dari DV
Vitamin A: 8% dari DV
Kalium: 9% dari DV
Tomat kaya akan karotenoid, yaitu likopen, yang menyediakan sekitar 80% nilai harian likopen (3).

Likopen adalah pigmen yang memberi warna merah cerah pada tomat. Ini mungkin juga bertanggung jawab atas sejumlah manfaat kesehatan dalam hal kemungkinan efek pencegahannya pada berbagai penyakit kronis (4, 5 sumber).

Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa tubuh menyerap likopen lebih baik saat dimasak. Panas dapat meningkatkan ketersediaan atau laju penyerapan bio.

Karena sup tomat terbuat dari tomat yang dimasak, ini merupakan sumber senyawa yang sangat baik. (3).

RINGKASAN
Sup tomat rendah kalori, tinggi kalium dan vitamin C, K, dan A. Ini juga mengandung banyak likopen, senyawa yang bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatan tomat.

2. Kaya akan antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang membantu menetralkan efek berbahaya dari stres oksidatif. Ini terjadi ketika sel-sel berbahaya di dalam sel, yang disebut radikal bebas, menumpuk di dalam tubuh (6).

Sup tomat merupakan sumber antioksidan yang sangat baik, termasuk likopen, flavonoid, dan vitamin C dan E (sumber 3, 7).

Mengkonsumsi antioksidan dikaitkan dengan risiko kanker dan penyakit inflamasi yang lebih rendah seperti obesitas dan penyakit jantung (3, 8, 9, 9).

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa efek antioksidan vitamin C dan flavonoid dapat membantu melindungi dari diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan penyakit otak (3, 10, 11, dan 11).

Vitamin E meningkatkan efek antioksidan vitamin C (Sumber Terpercaya 12).

RINGKASAN
Mengkonsumsi sup tomat adalah cara terbaik untuk memanfaatkan kapasitas antioksidan tomat. Mereka tinggi likopen, flavonoid, vitamin C dan E dan antioksidan lainnya.

3. Mungkin memiliki sifat anti kanker

Tomat banyak dipelajari karena kandungan likopennya yang tinggi dalam perang melawan kanker. Mereka bisa sangat efektif melawan prostat dan kanker payudara.

Kanker prostat adalah penyebab utama kelima kanker di seluruh dunia dan kanker kedua yang paling sering didiagnosis pada pria (13, 14).

Berbagai penelitian telah menemukan hubungan langsung antara asupan likopen yang tinggi, terutama tomat yang dimasak, dan penurunan risiko kanker prostat (sumber 13, 14, 15, 16)

Penelitian menunjukkan bahwa likopen dapat menyebabkan kematian sel kanker. Itu juga dapat memperlambat pertumbuhan tumor dalam proses yang disebut anti-angiogenesis (8, 17, 18, 19).

Konsumsi karotenoid yang lebih besar dikaitkan dengan penurunan 28% risiko kanker payudara. Karotenoid ini termasuk alfa-karoten, beta-karoten, dan likopen (20, 21, 22, 23).

Meskipun hasil ini menjanjikan, bukti menunjukkan bahwa likopen tidak cukup efektif untuk digunakan sebagai agen antikanker pada manusia saja (3).

Penelitian menunjukkan bahwa kapasitas antioksidan likopen juga dapat mempengaruhi kemoterapi dan terapi radiasi (9).

Baca juga: